Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan gamifikasi terhadap hasil belajar pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi berbeda / Agustina Nila Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan gamifikasi terhadap hasil belajar pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi berbeda / Agustina Nila Puspita Sari

Sari, Agustina Nila Puspita (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbantuan gamifikasi terhadap hasil belajar pebelajar yang memiliki motivasi berprestasi berbeda / Agustina Nila Puspita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Agustina Nila Puspita. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Gamifikasi terhadap Hasil Belajar Pebelajar yang Memiliki Motivasi Berprestasi Berbeda. Tesis. Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Dr. Made Duananda Kartika Degeng S.Pd M.Pd. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Inkuiri Terstruktur Gamifikasi Motivasi Berprestasi Hasil Belajar. Berhasil tidaknya proses pembelajaran di sekolah dapat ditinjau dari transisi tingkah laku siswa hal ini disebut sebagai hasil belajar. Pencapaian hasil belajar yang tinggi memerlukan pengelolaan strategi pembelajaran yang baik dimana pada abad 21 pembelajaran harus mengembangkan kemampuan pemahaman critical thingking collaboration communication dan creative thingking. Selain itu pembelajaran diharapkan memperhatikan karakteristik siswa salah satunya adalah motivasi berprestasi karena hal tersebut menumbuhkan keinginan siswa dalam bekerja keras menghindari kegagalan dan memiliki harapan untuk sukses. Saat ini berkembang suatu cara untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran dengan berbantuan gamifikasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan beberapa jenis teknik game dalam pendidikan berguna untuk merangsang siswa untuk belajar secara lebih luas lama dan lebih dalam untuk mata pelajaran yang melibatkan konsep abstrak kompleks dan memiliki tantangan kognitif yang tinggi cenderung akan menurunkan motivasi pebelajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh hasil belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri berbantuan gamifikasi pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi berbeda. Rancangan penelitian menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan factorialialized (2x2) version of the nonequivalent control group design. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbantuan gamifikasi dan kelas kontrol diberi perlakuan model inkuiri terstruktur berbantuan gamifikasi kemudian kedua kelompok melakukan post test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang melakukan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan gamifikasi lebih tinggi daripada inkuiri terstruktur berbantuan gamifikasi (2) hasil belajar siswa motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi daripada siswa motivasi berprestasi rendah (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri berbantuan gamifikasi dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 03:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271555

Actions (login required)

View Item View Item