Yulianto, Muchammad Ifan Nur (2022) Perbedaan hasil belajar penerapan metode bermain peran dengan metode ceramah pada mata pelajaran sejarah kelas x SMK PGRI 2 Malang / Muchammad Irfan Nur Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa mencakup aspek kognitif afektif dan psikomotoris setelah melakukan proses pembelajaran. Untuk mengoptimalkan hasil belajar maka diperlukan metode belajar yang tepat dan menarik. Metode yang cocok dengan mata pelajaran sejarah adalah metode bermain peran. Materi pembelajaran sejarah yang berbasis peristiwa sangat tepat apabila diperankan dalam metode bermain peran. Selain itu pelaksanaannya yang menuntut siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dapat membuat pembelajaran sejarah lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode bermain peran dan ceramah. Alasan pemilihan metode bermain peran adalah sebab penelitian mengenai penerapan metode ini pada mata pelajaran sejarah menunjukkan pengaruh yang signifikan. Peneliti ingin menerapkan metode ini pada lingkup SMK untuk mengetahui pengaruhnya terhadap permasalahan pembelajaran sejarah di lingkup SMK yang terkena imbas pembaharuan kurikulum berupa pengurangan jam pelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experimental Design dengan tipe pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK PGRI 2 Malang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas yang diambil untuk sampel adalah kelas X MM dan X BDP. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen dengan metode bermain peran nilai rerata pre test sebesar 54 meningkat menjadi 79 17 pada post test. Sedangkan pada kelas kontrol dengan metode ceramah nilai pre test sebesar 44 32 meningkat hanya menjadi 54 24 pada post test. Setelah dilakukan uji hipotesis non parametrik Mann-Whitney diketahui bahwa hasil hitungan Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0 000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis jika 0 000 lt 0 05 maka dapat dikatakan jika terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan metode bermain peran dengan metode ceramah. Ditinjau dari perbedaan tersebut penerapan metode bermain peran lebih signifikan daripada metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 01:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |