Kusuma, Ari Pradipta Kusuma (2022) Pengaruh model pembelajaran discovery menggunakan media google earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sma / Ari Pradipta Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembelajaran Geografi siswa dituntut untuk menguasai kemampuan berpikir spasial. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh model pembelajaran discovery dengan menggunakan media google earth terhadap berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Dalam eksperimen ini digunakan dua kelompok subjek yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Data berupa posttest only yang diperoleh dari hasil kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan uji statistic non-parametrik Wilcoxson dan Uji Mann Whitney. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t sampel bebas (independent sampel t- test) yang di-lakukan melalui bantuan software SPSS versi 25 for windows pada nilai/taraf signifikansi alpha 0 05. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sebaran data berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian variable menunjukkan homogen. Hasil uji SPSS dengan menggunakan Mann Whitney U test menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan media google earth berpengaruh terhadap berpikir spasial siswa. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran discovery dengan menggunakan media google earth layak dimanfaatkan dalam pembelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 04:29 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:21 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |