Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan google sites untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Diponegoro Tumpang / Adi Supardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan google sites untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Diponegoro Tumpang / Adi Supardi

Supardi, Adi (2022) Penerapan model problem based learning (pbl) berbantuan google sites untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Diponegoro Tumpang / Adi Supardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi permasalahan yang ditemukan di kelas XI IPS 3 SMA Diponegoro Tumpang berupa rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penilaian kemampuan berpikir kritis memiliki rerata skor 48 3 yang tergolong rendah. Penilaian kemampuan berpikir kritis siswa didasarkan pada analisis 4 aspek 1) siswa 2) guru 3) sarana dan prasarana 4) proses pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan selama ini belum sesuai dan media yang digunakan belum bervariasi menjadi penyebab permasalahan. Model problem based learning (PBL) berbantuan google sites dipilih untuk diterapkan guna mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 5 langkah. Lokasi penelitian berada di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang kelas XI IPS 3 dengan jumlah 24 siswa pada semester genap 2021/2022. Pengambilan data dengan teknik tes berupa instrumen lima soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas dan non tes berupa instrumen lembar observasi lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan cara mengukur kemampuan berpikir kritis siswa di akhir siklus kemudian dideskripsikan mengenai kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model PBL berbantuan Google sites. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada peningkatan skor sebesar 15 4 atau 23% dari siklus 1 ke siklus 2. Rerata kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 65 7 menjadi 81 1 pada siklus 2. Berdasarkan hasil peningkatan skor disimpulkan bahwa model PBL berbantuan google sites dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga disarankan bagi guru untuk menerapkan model PBL berbantuan google sites. Penggunaan aplikasi google sites mempermudah guru dalam mendampingi proses belajar diluar kelas dikarenakan banyaknya waktu yang dibutuhkan dalam penerapan PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 02:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270943

Actions (login required)

View Item View Item