Sari, Anggun Tri Novita (2022) Pengaruh model project based learning berbantuan video pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Plemahan Kabupaten Kediri / Anggun Tri Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif ialah suatu kemampuan yang diperlukan siswa untuk menemukan ide gagasan cara dan strategi baru yang inovatif dan solutif untuk menyelesaikan masalah yang ada. Kemampuan berpikir kreatif dapat dibangun menggunakan model Project Based Learning berbantuan video. Melalui model tersebut berpikir kreatif siswa bisa terlatih melalui tahapan atau langkah model Project Based Learning berbantuan video. Maksud penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan video pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS SMAN1 Plemahan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain postest only control group. Siswa kelas XII IPS3 sebagai kelas kontrol serta XII IPS4 sebagai kelas eksperimen kedua kelas tersebut merupakan subjek pada penelitian ini. Instrumen penilaian menggunakan tes esai didasarkan pada indikator kemampuan berpikir kreatif kelancaran keluwesan orisinalitas dan merinci. Dalam analisis data penelitian ini nilai probabilitas (sig. 2 tailed) adalah 0 040 sebagai hasil dari uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantuan video pada mata pelajaran geografi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XII IPS SMAN1 Plemahan Kabupaten Kediri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 08:32 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/270901 |
Actions (login required)
View Item |