Strategi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 4 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 4 Malang

Syahrani, Dita (2022) Strategi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 4 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Malang strategi guru PPKn dalam pembelajaran daring faktor penghambat dan faktor pendukung berjalannya strategi guru pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah waka kurikulum 3 PPKn dan 10 siswa SMP Negeri 4 Malang. Analisis penelitian menggunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Malang dilakukan secara online melalui platform Google Meet Google Classroom dan Whatsapp Group. Kemudian pada pelaksanaanya guru PPKn menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan metode tanya jawab dalam pembelajaran daring. Kendala yang ditemui adalah tidak stabilnya jaringan internet dan kendala pada aplikasi yang digunakan selama pembelajaran daring. Sedangkan hal yang menjadi faktor pendukung berjalannya strategi pembelajaran guru PPKn adalah penguasaan guru PPKn dalam penggunaan metode pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa yang terbiasa akan perkembangan teknologi dan dukungan dari orang tua selama pelaksanaan pembelajaran daring di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/270636

Actions (login required)

View Item View Item