Febriyanti, Krismon Nuvi (2022) Model pembelajaran project based learning sebagai upaya peningkatan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran desain grafis percetakan pada Kelas XI multimedia di SMKN 1 Nganjuk / Krismon Nuvi Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dimasa pandemi Covid-19 terjadi gangguan dalam proses pembelajaranya yang menyebabkan gangguan pada siswa. Permasalahan lain yang ada yaitu dalam proses pembelajaran di kelas belum tampak adanya penerapan model pembelajaran. dengan adanya permasalahan yang timbul menyebabkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian ini (1) memahami deskripsi prestasi belajar dengan menerapkan model PjBL dalam pembelajaran Desain Grafis Percetakan (2) memahami deskripsi motivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaaran PjBl dalam pembelajaran Desain Grafis Percetakan (3) mengetahui model PjBL dapat meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Desain Grafis Percetakan (4) mengetahui meningkatnya motivasi belajar dengan penerapan model PjBL pada mata pelajasan Desain Grafis Percetkan di kelas XI MM SMKN 1 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model berbentuk spiral dari Kemmis dan McTaggart terdapat dua siklus dalam penelitian ini dan setiap siklusnya memiliki empat tahapan. Kelas XI MM 1 di SMK Negeri 1 Nganjuk merupakan subjek dalam penelitian ini. Dalam mengumpulkan datanya memakai lembar observasi dan tes tertulis. Analisis datanya menggunakan uji instrumen validasi isi dan validasi konstruk analisis deskriptif dan persentase ketuntasan belajar. Penelitian ini mendapatkan hasil (1) Model PjBL memiliki pengaruh yang signifikan pada hasil prestasi belajar dimana siswa mendapatkan hasil rata-rata baik dan hampir seluruh siswa tuntas (2) Model PjBL memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar dimana siswa lebih termotivasi dalam pembelajarannya dan dari data penelitian menunjukan motivasi belajar mendapatkan ketegori baik (3) Prestasi belajar meningkat setelah menerapkan model PjB dalam penelitian ini menunjukan hasil dari siklus 1 ke 2 mengalami peningkatan dari aspek pengetahuan dan keterampilan hasil belajar klasikal menunjukan peningkatan setiap siklusnya dan hasil uji gain mendapatkan kategori baik (4) motivasi belajar meningkat setelah menerapkan model PjBL hal ini dapat diketahui bahwa hasil nilai observasi motivasi belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:30 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/269479 |
Actions (login required)
View Item |