Pengembangan bahan ajar plambing air kotor untuk pembelajaran workshop utilitas program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Bayu Saptoardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar plambing air kotor untuk pembelajaran workshop utilitas program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Bayu Saptoardi

Saptoardi, Bayu (2022) Pengembangan bahan ajar plambing air kotor untuk pembelajaran workshop utilitas program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri malang / Bayu Saptoardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Instalasi plambing air kotor adalah salah satu materi pokok pada mata kuliah workshop utilitas. Dalam materi pembuatan instalasi plambing tersebut belum ada bahan ajar yang tersedia sehingga perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang berisikan materi pembuatan instalasi plambing Maka dengan proses pembelajaran menggunakan bahan ajar ini diharapkan proses mengajar menjadi efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti ingin mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan pembelajaran instalasi plambing air kotor yaitu bahan ajar cetak berupa bahan ajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/ R amp D). Langkah penelitian awali dengan analisis potensi masalah dilanjutkan dengan pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk dan revisi produk. Subjek pada penelitian ini antara lain mahasiswa dosen yang dainggap menguasai dibidang materi dan media. Fokus materi pada pembuatan bahan ajar ini ialah instalasi air kotor. Pada penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar elektronik workshop utilitas dalam format .exe dan dapat diinstal pada laptop tablet maupun PC dengan spesifikasi prosesor Intel ataupun AMD. Kemudian produk dalam format .apk dapat diunduh menggunakan smartphone android dengan spesifikasi minimal Android OS 8 Oreo dan chipset snapdragon. Selanjutnya tentang kelayakan bahan ajar elektronik berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media serta pelaksanaan uji coba pada mahasiswa diperoleh hasil skor ahli materi 127 kategori sangat layak ahli media dengan skor 117 kategori sangat layak dan penilaian dari pengguna (mahasiswa) berdasarkan angket dengan skor 72 13 kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 03:35
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269305

Actions (login required)

View Item View Item