Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri / Andri Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri / Andri Irawan

Irawan, Andri (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri / Andri Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Irawan Andri. 2022. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Partono M.Pd (2) Drs. Paryono S. T M.T. Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization Hasil Belajar Siswa Motivasi Belajar Siswa Power Point Model Pembelajaran Ceramah. Pembelajaran bisa disebut ideal apabila anggapan bahwa pelatihan juga dapat mendorong peningkatan pembelajaran siswa yang menggabungkan banyak ruang baik dalam bidang psikologis minat dan psikomotorik. Pendidikan karakter siswa sangat penting karena pengajaran membuat individu yang produktif secara akademis tetapi juga individu yang bermoral tinggi.perolehan hasil klarifikasi agar batasan pendidikan umum juga diberlaku yang telah diatur diperaturan Republik Indonesia No.20 tahhn 2003 mengenai program Pendidikan Nasional pada Negara Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Team Asissted Individualization terhadap hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar siswa.pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendektan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Rancangan penelitian ini adalah Pottest Control Group Design Only. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunkana Uji T Independent mengetahui pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Model Pembelajaran Ceramah. Hasil penelitian ini dapat dipaparkan hasil Uji T mengenai hasil siswa yang menunjukan nilai Sig 0 000 lt 0 05. Hal ini dapat diinterprestasikan bahwa ada pengaruh hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji statistik deskritif dalam penelitian ini menunjukan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization memperoleh nilai rata-rata 88 15. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional atau ceramah memperoleh nilai rata-rata 80 44 dan masih terdapat siswa yang nilainya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Motivasi belajar siswa didapat hasil Uji T independent yang nilai sig. 0 001 lt 0 05. Hal ini juga dapat diinterprestasikan bahwa ada pengaruh motivasi belajar antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan model pembelajaran ceramah. Hasil uji statistic deskriptif dalam penelitian ini menunjukkan motivasi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asisted Individualization memperoleh rata-rata 74 74. Sedangakan untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran ceramah memperoleh nilai rata-rata 65 22 yang berarti kelas eksperimen memiliki Motivasi belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 00:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269170

Actions (login required)

View Item View Item