Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Kelas X OTKP SMK PGRI Turen, Kabupaten Malang) / M. Maulana Chaqiqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Kelas X OTKP SMK PGRI Turen, Kabupaten Malang) / M. Maulana Chaqiqi

Chaqiqi, M. Maulana (2022) Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi pada mata pelajaran administrasi umum untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa Kelas X OTKP SMK PGRI Turen, Kabupaten Malang) / M. Maulana Chaqiqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mempunyai perencanaan tujuan yaitu pengembangan sebuah e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. Metode penelitian yang digunakan yaitu R amp D (Research dan Development) Borg amp Gall yang telah dimodifikasi dari sepuluh menjadi delapan langkah sesuai kebutuhan penelitian. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh melalui angket validasi ahli materi angket validasi ahli e-modul angket pengguna soal tes kognitif angket afektif dan penilaian psikomotorik. Didalam penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis melalui uji normalitas dan uji Independent t-Test. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa (1) menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi (2) e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi dinyatakan sangat layak oleh validator ahli materi dan validator ahli e-modul (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan bahan ajar e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi yaitu kelas eksperimen dengan siswa yang menggunakan bahan ajar konvensional yaitu kelas kontrol yang mana kelas eksperimen mengalami perolehan nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol baik dalam ranah kognitif afektif dan psikomotorik. Hal ini dikarenakan penggunaan e-modul berbasis model pembelajaran artikulasi dapat mempermudah siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 00:24
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268679

Actions (login required)

View Item View Item