Pengembangan modul perubahan lingkungan berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap literasi lingkungan dan wawasan lingkungan siswa kelas x MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek / Deliar Nur Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul perubahan lingkungan berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap literasi lingkungan dan wawasan lingkungan siswa kelas x MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek / Deliar Nur Afifah

Afifah, Deliar Nur (2022) Pengembangan modul perubahan lingkungan berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap literasi lingkungan dan wawasan lingkungan siswa kelas x MA Plus Sunan Kalijogo Trenggalek / Deliar Nur Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi lingkungan dan wawasan lingkungan perlu menjadi bagian dari pembelajaran siswa dan sekolah harus bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengevaluasi literasi lingkungan dan perubahan lingkungan melalui proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modul perubahan lingkungan berbasis Problem based Learning dapat meningkatkan literasi lingkungan dan wawasan lingkungan siswa. Pengembangan modul perubahan lingkungan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Sedangkan desain uji coba pengembangan modul ini menggunakan desain eksperimen semu. Produk yang telah dihasilkan diuji kelayakan oleh ahli media dan ahli praktisi lapangan. Skor pretes dan postes tes dianalisis menggunakan uji ANACOVA untuk menguji hipotesis pengaruh modul perubahan lingkungan terhadap literasi lingkungan dan wawasan lingkungan lingkungan siswa. Hasil uji kelayakan oleh ahli perangkat pembelajaran menunjukkan rerata skor 95% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai komentar dan saran. Hasil uji kelayakan oleh praktisi lapangan menunjukkan rerata skor 90% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai dengan komentar dan saran. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi lapangan (siswa) menunjukkan rerata skor 87% dengan kriteria sangat layak namun tetap direvisi sesuai dengan komentar dan saran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan literasi lingkungan dan wawasan lingkungan siswa kelas X yang dibelajarkan dengan modul perubahan lingkungan berbasis Problem based Learning dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan modul Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 07:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268483

Actions (login required)

View Item View Item