Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning materi pola-pola hereditas untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan literasi saintifik siswa kelas xii SMA Negeri 1 Turen / Mia Angriana Juniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning materi pola-pola hereditas untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan literasi saintifik siswa kelas xii SMA Negeri 1 Turen / Mia Angriana Juniarti

Juniarti, Mia Angriana (2022) Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning materi pola-pola hereditas untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan literasi saintifik siswa kelas xii SMA Negeri 1 Turen / Mia Angriana Juniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang terjadi dalam globalisasi menuntut pengembangan kualitas individu. Individu diharapkan memiliki keterampilan belajar dan inovasi keterampilan berpikir kritis dan literasi saintifik dalam menganalisis permasalahan yang terjadi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik brbasis problem based learning materi pola-pola hereditas pada makhluk hidup yang valid dan praktis. Modul elektronik berbasis model pembelajaran diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Pengembangan modul elektronik ini didasari oleh bahan ajar cetak yang digunakan siswa masih belum diintegrasikan dengan media dan model pembelajaran sehingga masih belum mendukung dalam mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Model pengembangan desain instruksional Branch (2009) diterapkan dalam penelitian dan pengembangan menggunakan tahapan ADDIE. Hasil validasi meliputi ahli materi 100% ahli media 99 47% ahli pembelajaran biologi 93 79% dan praktisi pendidikan biologi 98 57% sedangkan nilai kepraktisan diperoleh dari hasil uji coba perorangan 86 25% uji coba kelompok kecil 86 38% uji coba lapangan 90 29% dan conduct pilot test 83 62% sehingga sangat layak dan sangat praktis diimplementasikan kepada siswa. Rekomendasi penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu diperlukannya implementasi kepada siswa untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan literasi saintifik siswa melalui modul elektronik berbasis problem based learning materi pola-pola hereditas pada mahluk hidup yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268458

Actions (login required)

View Item View Item