Inovasi Pembelajaran Loose Part Berbasis Sentra Pada Masa New Normal di TK Anak Saleh Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi Pembelajaran Loose Part Berbasis Sentra Pada Masa New Normal di TK Anak Saleh Kota Malang

Widayanti, Ermia (2022) Inovasi Pembelajaran Loose Part Berbasis Sentra Pada Masa New Normal di TK Anak Saleh Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus penelitian ini, (1) inovasi penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra di TK Anak Saleh, (2) implementasi penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh, dan (4) pemberdayaan faktor pendukung dan solusi faktor penghambat dalam penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observation dan document study. Teknik Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dengan collection, display, condensation, and conclusions: drawing/ verifying data. Teknik keabsahan data yang digunakan meliputi Teknik kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas data. Hasil penelitian menemukan: (1) inovasi penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra di TK Anak Saleh dilakukan dengan memerging densitas loose part yang dimodifikasi dalam pembelajaran sentra. Kurikulum yang digunakan berbasis K13 yang dimodifikasi ke transisi K22 atau IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dengan kurikulum muatan lokal berbasis Panca Karakter Anak Saleh. Merging kurikulum dan pembelajaran loose part berbasis pembelajaran sentra dan lingkaran (beyond centre and circle time) dapat lebih memaksimalkan kemampuan peserta didik untuk mengembangkan potensi diri, bakat dan minatnya secara merdeka dengan dukungan kegiatan belajar berbasis proyek (Project Based Learning), dan belajar menyelesaikan masalah yang dihadapi (Problem Based Learning). Ide inovasi pembelajaran loose part dalam pendekatan sentra ini digagas kepala TK dan disosialisasi tim asatidz disertai kegiatan supervise klinis dan supervise kolegial; (2) implementasi penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh dilakukan melalui penerapan empat macam sentra yakni sentra bahan alam, sentra main peran, sentra balok, dan sentra persiapan. (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh. Faktor pendukung berupa jalinan harmonis antara sekolah dan orang tua terutama dalam pengadaan loose part. Faktor penghambat disebabkan suasana Covid 19 dan ketersediaan waktu yang kurang dalam pelaksanan pembelajaran loose part berbasis sentra yang mengakibatkan ketidaktuntasan dan ketidakpuasan muncul dari peserta didik dalam membuat karya yang utuh, (4) pemberdayaan faktor pendukung dan solusi faktor penghambat dalam penggunaan media loose part melalui pendekatan pembelajaran sentra pada masa new normal di TK Anak Saleh, pada faktor pendukung yang diberdayakan dengan memaksimalkan peran warga sekolah dalam pengadaan loose part yang tersedia di lingkungan sekitar, juga satuan Pendidikan memberikan kesempatan pada para pendidik untuk senantiasa menambah keilmuan melalui kegiatan workshop/seminar/diklat dan supervise klinis maupun kolegial. Solusi faktor penghambat dengan menambah keahlian pendidik dalam mengatur alokasi waktu yang tersedia sehingga pembelajaran loose part berbasis sentra dapat berjalan sesuai dengan ketentuan jadwal. Melalui tim asatidz yang selalu melakukan perbaikan terus menerus dalam inovasi pembelajaran loose part berbasis pendekatan sentra menjadi solusi bagi para asatidz agar lebih piawai dan representatif dalam penyediaan bahan loose part pada densitas sentra. Saran disampaikan pada (1) Kepala PAUD agar menindaklanjuti inovasi loose part berbasis pembelajaran sentra dengan tetap memperkuat pelaksanaan supervise klinis maupun kolegial dan terus mengembangkan profesionalisme para asatudz melalui berbagai kegiatan ilmiah dan in house training; (2) Asatidz PAUD agar mengoptimalkan kesempatan dalam belajar dan berbagi keilmuan khususnya dalam inovasi pembelajaran loose part dalam pembelajaran sentra yang disesuaikan dengan prinsip pembelajaran TPACK dan STEAM serta prinsip keterampilan pada abad 21; (3) pimpinan Yayasan Pendidikan Anak Saleh, agar memberikan motivasi dan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap program inovasi pembelajaran yang dilaksanakan pada unit satuan PAUD khususnya inovasi pembelajaran loose part berbasis sentra guna menjaga kualitas layanan Pendidikan; (4) Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (Kabid PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, mengapresiasi hasil-hasil penelitian dalam kegiatan peningkatan SDM dan SDA pendidikan, terutama inovasi pembelajaran terbaru guna turut meningkatkan SDM guru PAUD dalam meningkatkan profesionalisme melalui kegiatan workshop/seminar/diklat bagi guru PAUD se Kota Malang; dan (5) Peneliti selanjutnya, dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai inspirasi untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan mencari inovasi baru lain seperti pendekatan TPACK dan STEAM serta penggunaan pendekatan penelitian lain yang relevan seperti Research and development atau quantitative approach. Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Loose Part, Pembelajaran Sentra, New Normal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: INOVASI PEMBELAJARAN. LOOSE PART. PEMBELAJARAN SENTRA. NEW NORMAL.
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:25
Last Modified: 03 Apr 2023 01:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2684

Actions (login required)

View Item View Item