Pengembangan bahan ajar senyawa karbon berbasis explicit scienctific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah / Anisatus Sahris Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar senyawa karbon berbasis explicit scienctific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah / Anisatus Sahris Safitri

Safitri, Anisatus Sahris (2022) Pengembangan bahan ajar senyawa karbon berbasis explicit scienctific inquiry instruction (esii) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah / Anisatus Sahris Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Argumentasi ilmiah termasuk dalam komponen literasi sains yang diperlukan siswa sebagai luaran pembelajaran abad 21. Keterampilan berargumentasi dapat membantu meningkatkan pengetahuan ilmiah siswa. Melalui argumentasi siswa mampu mengambil suatu keputusan terkait permasalahan berdasarkan bukti-bukti ilmiah yang ditafsirkan secara ilmiah. Salah satu komponen pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai luaran pembelajaran yang diinginkan adalah penggunaan bahan ajar yang sesuai. Penelitiaan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar senyawa karbon berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah serta mengetahui tingkat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perencanaan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan penulis. Kelayakan bahan ajar diuji menggunakan angket validasi ahli dan uji keterbacaan. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu dua guru kimia SMA Negeri 1 Tumpang dan satu guru kimia SMA Negeri 3 Malang. Sedangkan uji keterbacaan dilakukan oleh 10 siswa kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Tumpang. Hasil analisis menunjukkan bahwa (a) skor rata-rata validitas bahan ajar adalah 85 45% dengan kategori sangat layak (b) skor rata-rata uji keterbacaan bahan ajar oleh siswa adalah 90 40% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar senyawa karbon berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) berorientasi keterampilan argumentasi ilmiah yang dikembangkan layak untuk dilanjutkan ke uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268279

Actions (login required)

View Item View Item