Setiawan, Brigel Herda (2022) Pengembangan E-Module Berbasis PJBL Terintegrasi Tpack untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Alat-Alat Optik / Brigel Herda Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan di era kini mendorong siswa untuk memiliki beragam keterampilan salah satunya pemecahan masalah. Rendahnya keterampilan pemecahan masalah pada pembelajaran fisika materi alat-alat optik disebabkan oleh kurangnya bahan ajar. Model pembelajaran PjBL mampu membantu siswa dalam menyelesaikan masalah. Pada era revolusi 4.0 dunia pendidikan berkembang sangat pesat karena diintegrasikan dengan teknologi. Diperlukan kerangka TPACK untuk melengkapi model pembelajaran PjBL dikarenakan belum ada e-module fisika pada materi alat-alat optik yang mengintegrasikan kerangka TPACK di dalamnya memuat tombol interaktif dan menyajikan problematika mengenai kehidupan sehari-hari yang dekat dengan siswa terdapat soal HOTS. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis PjBL terintegrasi TPACK yang valid praktis dan efektif. Model penelitian yang digunakan adalah 4D (Define Design Develop Disseminate) namun hanya sampai tahap develop saja. Pada tahap define dilakukan analisis awal kebutuhan media dengan melakukan wawancara terhadap guru fisika dan menyebar angket analisis awal siswa dengan hasil bahwa rerata siswa membutuhkan suatu e-module fisika khususnya materi alat optik. Pada tahap design (perancangan) proses pengembangan e-module mulai dari penyusunan materi yang sesuai dengan kd 3.11 dan 4.11 pemilihan media yaitu modul elektronik pemilihan format menggunakan html penyusunan design awal produk. Pada tahap develop (pengembangan) didapati penilaian terhadap e-module dengan rerata hasil 83 93 % dan RPP dengan rerata hasil 91 90 % melalui angket yang dinilai oleh ahli materi dan media serta praktisi Pendidikan Fisika uji validitas empiris soal pretest-postest kepada 33 siswa yang telah menempuh materi alat-alat optik didapati bahwa 16 soal tergolong valid tingkat kesukaran 14 soal masuk kategori sedang 2 soal masuk ke dalam kategori mudah daya beda 14 soal masuk dalam kategori baik 2 soal masuk dalam kategori cukup reliabilitas soal pretest-posttest 0 870 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji keterbacaan e-module dengan menyebar angket kepada 35 siswa didapati rerata skor 83 93 dengan kriteria sangat baik. Uji kepraktisan e-module dilakukan dengan memberikan angket penilaian terhadap 2 observer untuk menilai e-module dan RPP tiap pertemuan didapati skor 94 67 % dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifian didapat dari hasil pretest-posttest 36 siswa dengan di uji normalitas dengan nilai signifikansi 0 076 uji t dengan nilai 0 000 uji N-gain sebesar 0 81 uji effect size sebesar 3 55.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:11 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268261 |
Actions (login required)
View Item |