Fitriyana, Nurul Amalia (2022) Penerapan model pembelajaran self-directed learning berbantuan media quizizz untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa / Nurul Amalia Fitriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemandirian dalam belajaran harus ditanamkan sejak dini pada diri masing-masing siswa guna memaksimalkan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan pemahaman konsep. Masalah yang ditemukan oleh peneliti adalah rendahnya pemahaman konsep siswa khususnya dampak pandemi dimana pembelajaran harus dilakukan secara mandiri ditambah lagi model pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran self-directed learning berbantuan media Quizizz untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Dau kelas VII A yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dari lembar observasi tes pretes dan postes angket respon siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran self-directed learning berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dilihat dari hasil ketuntasan siswa matematika siswa meningkat dari 67 6 % menjadi 92 1%. Ditambah lagi hasil angket respon siswa terkait kepraktisan penerapan model pembelajaran self-directed learning berbantuan Quizizz mendapatkan skor keberhasilan 96% dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran self-directed learning berbantuan Quizizz dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 08:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268066 |
Actions (login required)
View Item |