Azmi, Mufliqul (2022) Penerapan model think talk write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik Kelas X SMAN 1 dongko / Mufliqul Azmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tindakan guru dalam pembelajaran yang menerapkan model Think Talk Write (TTW) yang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan menyelidiki bagaimana tindakan tersebut dapat mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik pada materi Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel (SPtDV). Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Dongko dengan subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X MIA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Hand Out SPtDV Lembar Kerja Kelompok (LKK) Kunci Jawaban LKK dan rubrik penilaian kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan diperoleh bahwa skor rata-rata seluruh peserta didik yaitu (baik) dan total siswa (12 siswa) memperoleh skor kemampuan komunikasi matematis di atas KKM yaitu . Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model TTW dengan tindakan tertentu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Adapun tindakan guru yaitu (1) mengajak peserta didik untuk memikirkan terlebih dahulu terkait ide yang akan disampaikan (tahap Think) (2) mengajak peserta didik secara berkelompok menganalisis sekaligus menyepakati bahasa matematis yang tepat untuk menunjukkan konsep yang dibahas (tahap Talk) dan (3) meminta peserta didik agar menulis konsep dengan bahasa yang telah disepakati menggunakan simbol dan istilah matematika yang tepat (tahap Write).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268057 |
Actions (login required)
View Item |