Dixit, Zevanya (2022) Penerapan model discovery learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri / Zevanya Dixit. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian yang dilaksanakan ini berdasarkan permasalahan yang ada di dalam suatu kelas yaitu masih banyaknya siswa yang belum memahami konsep trigonometri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi trigonometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui langkah-langkah 1) stimulation (pemberian rangsangan) yaitu guru mengajak siswa bertanya mengenai aturan sinus dan cosinus 2) problem statement (identifikasi masalah/pernyataan) yaitu siswa diminta mengidentifikasi masalah yang diberikan pada materi aturan sinus dan cosinus 3) data collection (pengumpulan data) siswa mengumpulkan informasi yang ada dipertanyaan LKPD aturan sinus dan cosinus 4) data processing (pengolahan data) yaitu guru menekankan kepada siswa agar menentukan konsep aturan sinus dan cosinus 5) verification (pembuktian) yaitu siswa dibimbing oleh guru untuk melakukan pemeriksaan secara teliti terhadap hasil diskusi kelompoknya 6) generalization (menarik kesimpulan/ generalisasi) yaitu siswa bisa menyatakan ulang konsep dan definisi aturan sinus dan cosinus menggunakan bahasa mereka sendiri. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menghasilkan bahwa hasil rerata ketuntasan pemahaman konsep pada siklus I mencapai 37 9 % dari jumlah siswa di kelas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena terjadi peningkatan hasil rerata ketuntasan pemahaman konsep mencapai 82 76 % dari jumlah siswa dan juga lembar observasi siswa dan guru berkategori sangat baik. Penelitian yang dilaksanakan ini berdasarkan permasalahan yang ada di dalam suatu kelas yaitu masih banyaknya siswa yang belum memahami konsep trigonometri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi trigonometri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui langkah-langkah 1) stimulation (pemberian rangsangan) yaitu guru mengajak siswa bertanya mengenai aturan sinus dan cosinus 2) problem statement (identifikasi masalah/pernyataan) yaitu siswa diminta mengidentifikasi masalah yang diberikan pada materi aturan sinus dan cosinus 3) data collection (pengumpulan data) siswa mengumpulkan informasi yang ada dipertanyaan LKPD aturan sinus dan cosinus 4) data processing (pengolahan data) yaitu guru menekankan kepada siswa agar menentukan konsep aturan sinus dan cosinus 5) verification (pembuktian) yaitu siswa dibimbing oleh guru untuk melakukan pemeriksaan secara teliti terhadap hasil diskusi kelompoknya 6) generalization (menarik kesimpulan/ generalisasi) yaitu siswa bisa menyatakan ulang konsep dan definisi aturan sinus dan cosinus menggunakan bahasa mereka sendiri. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menghasilkan bahwa hasil rerata ketuntasan pemahaman konsep pada siklus I mencapai 37 9 % dari jumlah siswa di kelas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena terjadi peningkatan hasil rerata ketuntasan pemahaman konsep mencapai 82 76 % dari jumlah siswa dan juga lembar observasi siswa dan guru berkategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 08:34 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268031 |
Actions (login required)
View Item |