Anisa, Lailatul (2022) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Edmodo untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Teorema Pythagoras / Lailatul Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam suatu kelas selama kegiatan pembelajaran terkait aktivitas belajar siswa yang masih kurang sehingga menyebabkan kurangnya keaktifan belajar siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw berbantuan Edmodo untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam materi teorema pythagoras. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa lembar observasi tindakan guru dan siswa tes wawancara RPP serta LKPD berbantuan Edmodo. Keaktifan belajar siswa pada siklus I mendapatkan rerata 58 25% dengan kriteria cukup dan pada siklus II rerata meningkat menjadi 85 06% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan berbantuan Edmodo dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui langkah-langkah (1) pembentukan kelompok asal (2) pembagian permasalahan yang berbeda pada setiap anggota kelompok asal (3) pembentukan kelompok ahli (4) kelompok ahli mendiskusikan LKPD (5) masing-masing anggota kelompok ahli kembali ke kelompok asal untuk berdiskusi dan mencocokkan hasil (6) presentasi dan (7) kuis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |