Agusti, Amalia (2022) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi persamaan garis lurus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran jigsaw dan meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK). Kegiatan peningkatan kreativitas dilakukan di SMP Islam Sabilurrosyad Malang dengan subyek sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Langkah tiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu tes tulis berupa soal open-endedserta lembar observasi untuk mengukur tingkat kreativitas siswa. Perolehan data diinterpretasi dan dianalisis secara deskriptif melalui teknik persentase. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata kreativitas dan ketuntasan siswa secara klasikal 80%. Dalam penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw berhasil dalam upaya peningkatan kreativitas siswa pada persamaan garis lurus. Persentase indikator siswa pada siklus I 57 3% meningkat mencapai 85 5% pada akhir siklus II serta persentase rata-rata tes tulis pada siklus I 65 4% meningkat mencapai 81 1% pada akhir siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 06:07 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268016 |
Actions (login required)
View Item |