Azzahroh, Aida Lutfi (2022) Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa arab Kelas X IIS di SMA Babul Khairat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembelajaran maharatul qira rsquo ah di kelas X IIS SMA Babul Khairat siswa menghadapi beberapa kendala yaitu pelafalan dan harakat yang belum tepat intonasi yang tidak sesuai dan masih ada yang belum memahami isi teks berbahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada keterampilan membaca bahasa Arab dan peningkatan keterampilan membaca siswa kelas X IIS di SMA Babul Khairat dengan penerapan model pembelajaran ini. Penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus digunakan dalam penelitian ini setiap siklus terdiri dari empat fase yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Siswa yang terpilih sebagai tutor ialah siswa yang membaca dan memahami teks berbahasa Arab dengan baik. Guru memberikan instruksi kepada tutor dalam membimbing siswa yang menjadi anggota kelompoknya. Diperoleh hasil dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran tutor sebaya sangat efektif diterapkan. Siswa lebih aktif dan antusias serta memberikan kepercayaan diri terhadap kemampuan membaca bahasa Arab dan meningkatkan pemahaman bacaannya. Sebelum diterapkannya model tutor sebaya tingkat ketuntasan siswa pada ujian tulis adalah 33% kemudian meningkat menjadi 52% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Pada uji coba lisan sebelum pengenalan model tutor sebaya meningkat dari 52% menjadi 81% pada siklus pertama dan 93% pada siklus kedua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 07:19 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267589 |
Actions (login required)
View Item |