KORELASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 100 MALANG - Repositori Universitas Negeri Malang

KORELASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 100 MALANG

putri, stefani corisa (2022) KORELASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 100 MALANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini diusung untuk mendeskripsikan dan menghitung signifikasi antara pembelajaran tatap muka terbatas terhadap kemandirian anak di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan metode analisis korelasional Spearman dengan menggunakan SPSS untuk penelitian korelasionalnya. Semua anak dari kelompok A dan B adalah peserta penelitian, dan 32 anak lainnya dipilih secara acak dari setiap kelas, yang terdiri dari 8 anak. Pengumpulan data melalui survei, pencatatan, dan wawancara orang tua dan guru. Koefisien korelasi menurut temuan penelitian adalah 0,571. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya pengajaran tatap muka memiliki dampak yang signifikan terhadap kemandirian anak. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,78 lebih besar dari t tabel sebesar 2,750. Temuan uji T menunjukkan bahwa sementara Ho ditolak, Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan timbal balik yang baik dari pembelajaran tatap muka terhadap kemandirian anak di TK Kemala Bhayangkari 100 Malang. Selain pembelajaran tatap muka di sekolah dengan upaya guru yang memberikan berbagai kegiatan untuk melatih kemandirian anak agar anak siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, semakin tinggi pula jenjang pembelajaran tatap muka yang dimiliki, memiliki signifikasi yang positif terhadap tingginya tingkat kemandirian pada anak, terbukti dengan awal masuknya anak (terdapat 15 dari 30 anak usia 4 sampai 6 tahun yang belum bisa memakai sepatu sendiri). Kata Kunci : Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Kemandirian Anak, Anak Usia Dini, New Normal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN ANAK. PEMBELAJARAN TATAP MUKA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:43
Last Modified: 01 Feb 2023 08:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item