Pengaruh metode pembelajaran gamifikasi terhadap kemampuan analisis siswa / Ailsa Salsabila Cahyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran gamifikasi terhadap kemampuan analisis siswa / Ailsa Salsabila Cahyaningtyas

Cahyaningtyas, Ailsa Salsabila (2022) Pengaruh metode pembelajaran gamifikasi terhadap kemampuan analisis siswa / Ailsa Salsabila Cahyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian disini menjelaskan tentang efek gamifikasi bagi kemampuan analisis siswa. Tujuan atas penyusunan artikel ini yaitu untuk membuktikan apakah gamifikasi dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa. Penelitian sebelumnya berpendapat bahwa gamifikasi bisa memberi bantuan memudahkan siswa dalam memahami materi serta dapat meningkatkan prestasi siswa secara akademik. . Kegiatan kelas dilakukan pada pembelajaran matematika dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Siswa diberikan soal dengan tipe HOTS untuk menguji kemampuan analisis mereka. Dengan melihat hasil soal postest ini dapat diketahui perbedaan kemampuan analisis siswa dengan menggunakan metode gamifikasi dan metode ceramah. Mayoritas siswa kelas eksperiment dengan menggunakan metode gamifikasi memperoleh nilai rerata lebih tinggi daripada peserta didik kelas control. Hanya sebagian kecil siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan gamifikasi memiliki pengaruh terhadap kemampuan analisis siswa. Selain itu penulis juga dapat menyimpulkan bahwa gamifikasi berhasil dijalankan dengan baik dan dapat meningkatkan pengalaman siswa. Penelitian dibatasi oleh sifat partisipan yang pertama kali menerapkan metode pembelajaran gamifikasi sehingga pada awalnya siswa butuh melakukan adaptasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mampu menjalankan gamifikasi dan berhasil melakukan aktifitas gamiikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265539

Actions (login required)

View Item View Item