Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dan kecakapan hidup Sekolah Dasar Negeri Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dan kecakapan hidup Sekolah Dasar Negeri Blitar

Atmaja, Adi Tri (2022) Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dan kecakapan hidup Sekolah Dasar Negeri Blitar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tematik selama masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan daring (dalam jaringan). Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh data kondisi pembelajaran yaitu (1) kegiatan belajar mengajar masih memanfaatkan buku cetak karena belum tersedianya bahan ajar elektronik (2) muatan isi materi bahan ajar cetak tersebut membahas daerah lain selain yang ada di Blitar sehingga peserta didik mengalami kesulitan memahami isi karena belum sesuai dengan lingkungan sekitar peserta didik (3) aktivitas literasi dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring masih kurang maksimal. Sehingga dari kondisi tersebut serta kebutuhan pembelajaran perlu adanya bahan ajar elektronik yang memuat kearifan lokal dan kecakapan hidup. Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul berbasis kearifan lokal dan kecakapan hidup yang valid menarik praktis dan efektif. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi kegiatan (1) Analisis. (2) Desain. (3) Pengembangan. (4) Implementasi. (5) Evaluasi. E-modul dikembangkan untuk digunakan siswa kelas IV SD pada subtema dua keunikan daerah tempat tinggalku. Peningkatan pengetahuan peserta didik tentang kearifan lokal seperti kesenian kebudayaan dan wisata serta keterampilan dalam memanfaatkan teknologi merupakan hasil dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini. Diperoleh rata-rata persentase validasi materi 89.5% desain 87% dan penilaian dari guru diperoleh rata-rata persentase kemenarikan produk 93% kepraktisan 93%. Kemudian dari peserta didik diperoleh kemenarikan 91% kepraktisan 90% dan efektivitas ketuntasan kelas 96%. Produk dapat dikategorikan layak menarik praktis dan efektif diterapkan pada pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263162

Actions (login required)

View Item View Item