Imaniar, Lintang (2022) Penerapan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Eduaction) Untuk Mendukung Berpikir Kritis Siswa SMPN 19 Malang Kelas IX H Pada Materi Bangun Ruang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 19 Malang yang melibatkan 30 siswa kelas IX H. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi kegiatan pembelajaran mata pelajaran matematika. Hasil data pada penelitian ini dianalisis dengan melihat hasil penilaian observer selama kegiatan siswa mengikuti pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini merupakan kegiatan pembelajaran RME dengan kegiatan inti 1) presentation 2) demonstrating 3) guided practice 4) feedback dan memiliki indikator siswa akan terbiasa dengan kemampuan berpikir 1) mengumpulkan informasi 2) memberikan dan menanggapi informasi 3) membuat kesimpulan yang merupakan kemampuan berpikir kritis. Kegiatan pembelajaran RME memiliki persentase 96,2% dan 86,2% pada siklus 1 dan 85% dan 83,7% pada siklus 2 yang dinilai cukup baik untuk di terapkan di dalam kelas. Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat dinyatakan mampu mendukung kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 19 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 08:03 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 08:03 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2627 |
Actions (login required)
View Item |