Penerapan model pembelajaran problem based learning gambar teknik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas X di SMKN 1 Blitar / Ahmad Haris Fauziansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning gambar teknik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas X di SMKN 1 Blitar / Ahmad Haris Fauziansyah

Fauziansyah, Ahmad Haris (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning gambar teknik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas X di SMKN 1 Blitar / Ahmad Haris Fauziansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziansyah Ahmad Haris. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tuwoso M.P. (II) Drs. Basuki M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi gambar teknik siswa kelas X TPm 2 SMKN 1 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan model Problem Based Learning. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dimana setiap siklus meliputi proses perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Blitar dengan subjek penelitian adalah 34 siswa pada kelas X TPm 2 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas belajar lembar diskusi dan soal tes evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata skor aktivitas siswa mencapai 59 25% dan pada siklus II meningkat 17 8% menjadi 77 05%. Kemudian rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75 88 dan pada siklus II meningkat menjadi 82 27. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 70 59% dan pada siklus II meningkat 17 64% menjadi 88 23%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL pada materi gambar teknik kelas X TPm 2 di SMKN 1 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 May 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/260148

Actions (login required)

View Item View Item