Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMK Kepanjen / Indana Zulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMK Kepanjen / Indana Zulfa

Zulfa, Indana (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMK Kepanjen / Indana Zulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan berkembangnya dunia pendidikan dan telah memasuki abad 21 maka dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk menggunkan berbagai macam model pembelajaran. Salah satu model yang diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan salah satu dari sedikit model yang diterapkan dalam pembelajaran yang menggambarkan permasalah yang konkrit dan nyata. Siswa mengetahui akan konsep yang disampaikan melibatkan kemampuan berpikir kritis sehingga menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Model ini memiliki beberapa tahap dalam praktiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa. Kedua untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Ketiga mengetahui pengaruh interaksi antara penerapan model PBL dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain.faktorial 2 x 2. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kemampuan yang hampir sama dan guru yang sama yaitu kelas X Ak 3 sebagai kelompok kontrol dan X Ak 4 sebagai kelompok eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan berpikir kritis variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan tes pilihan berganda. Hasil pengukuran berupa data yang selanjutnya dianalisis menggunakan Two Way ANOVA dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil ini menunjukan (1) terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa karena nilai sig 0 001 lebih kecil dari 0 05 (2) terdapat pengaruh positif kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa karena nilai sig 0 002 lebih kecil dari 0 05 (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa karena nilai sig 0 647 lebih besar dari 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 03:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/259713

Actions (login required)

View Item View Item