Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Infografis Sejarah Digital “FORADIG” Pada Materi Perjuangan dan Pemikiran R.A Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 Di SMA Darul Qur’an Singosari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Infografis Sejarah Digital “FORADIG” Pada Materi Perjuangan dan Pemikiran R.A Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 Di SMA Darul Qur’an Singosari

Anggraeni, Rena Dwita (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Infografis Sejarah Digital “FORADIG” Pada Materi Perjuangan dan Pemikiran R.A Kartini Tentang Pendidikan Perempuan Untuk Siswa Kelas XI IPA 1 Di SMA Darul Qur’an Singosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan peserta didik pada observasi awal, yang dilakukan dan disesuaikan pada kondisi pada saat terjadinya pandemi Covid-19. Dari peristiwa tersebut berdampak pada proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dampak dari peristiwa adalah seluruh kegiatan pembelajaran di sekolah berubah menjadi sistem daring (dalam jaringan) dan memanfaatkan beberapa media pembelajaran. Berjalannya waktu pembelajaran mulai menunjukkan perubahan-perubahan khususnya pada digitalisasi pembelajaran baik secara daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Sehingga hal tersebut menjadi landasan peneliti untuk mengidentifiksi potensi dan masalah yang terdapat pada sekolah yang diteliti. Analisis kebutuhan tersebut dapat dilihat pada potensi dan masalah yang terdapat pada kelas XI IPA 1 SMA Darul Qur’an. Potensi yang ditemukan yaitu sarana dan prasarana yang memadai seperti laboraturium komputer dan WiFi sekolah, perizinan dalam penggunaan HP/ Smartphone pada saat pembelajaran.Sedangkan untuk analisis permasalahan yang pertama yakni pembelajaran belum memaksimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan gaya digital. Kedua, penggunaan media masih menggunakan Power Point, dan sejeninya. Ketiga, mata pelajaran sejarah bukan di ampu guru dengan latar belakang sejarah, dan yang terakhir fasilitias belum digunakan secara maksimal yang menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti merujuk pada model penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2015). Model penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2015) ini terdiri dari sepuluh tahapan, dan telah dilakukan modifikasi oleh peneliti menjadi sembilan tahapan yang dijelaskan sebagai berikut: 1) Potensi dan Masalah; 2) Pengumpulan Data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Revisi Produk; 6) Uji Coba Produk; 7) Revisi Produk; 8) Uji Coba Pemakaian; 9) Uji Coba Pemakaian. Hasil penelitian dan pengembangan yang ditunjukkan dari proses validasi ahli materi oleh Bapak Arif Subekti, S.Pd, M.A pada 2 maret-1 Aprildidapatkan persentase sebesar 93,75 %. Selanjutnya dari proses validasi ahli media oleh Bapak Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd, M.Pd pada 4-7 Apri1 didapatkan persentase sebesar 88,30%. Kemudian untuk hasil akhir uji coba kelompok kecil yang dilakukan secaraoffline/tatap muka pada 22 April 2022 dalam bentuk persentase diperoleh sebesar 86,00%. Sedangkan untuk hasil akhir uji coba kelompok besar yang dilakukan sama dengan uji sebelumya yakni tatap muka pada 09 Mei 2022 dalam bentuk persentase didapati sebesar 88%. Serangkaian tahapan dilakukan baik dari ahli validator dan ahli pengguna (peserta uji coba produk), hasil yang diperoleh berdasar pada pedoman tingkat validitas dan kelayakan produk termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:55
Last Modified: 10 Nov 2022 07:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item