Krisdiana, Ana (2022) Pengembangan Modul Interaktif Sejarah ISLAM (MISI) dan pengaruhnyaterhadaphasilbelajarsiswakelas X SMA Maarif NU Pandaan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara yang dilaksanakan dengan guru Sejarah di SMA Maarif NU Pandaan diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang selama ini berlangsung kurang memanfaatkan teknologi yang ada. Hal inidibuktikandenganpenggunaanHP yang terbatas pada mencarimaterisaja. Selainitu, bahan ajar yang digunakanterbatas pada LKS dan Buku Ajar yang kurangkontekstualsehinggakuranguntukdapatmenarikminatsiswadalambelajarsejarah.Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan Modul Interaktif Sejarah Islam (MISI)yang berpngaruh terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X di SMA Al Maarif NU Pandaan, dan (2) Menghasilkan Modul Interaktif Sejarah Islam (MISI) yang valid, praktis, dan berpngaruh terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X di SMA Al Maarif NU Pandaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan.Desain model penelitian dan pengembangan yang dilakukanmerujuk pada Sugiyono (2013) yang meliputi proses: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data (3), desain dan produk, (4) validasidesain, (5) revisidesain, (6) uji cobaproduk, (7) revisiproduk, (8) uji cobapemakaian, (9) revisiproduk, dan (10) produksimassal. Modul yang telahdikembangkandivalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lapangan. Produk yang telah direvisi kemudian diuji coba sebanyak dua kali yaitu uji coba produkskalakecil dan uji cobaprodukskalabesar. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skorvalidasi, angketkepraktisan dan skor prates dan pascatessiswa. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar ahli materi, ahli media, praktisi lapangan dan pengguna produk (siswa). Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materidiperoleh persentase masing-masing sebesar 91,67% dan93,18% yang berartibahwa Modul MISI yang dikembangkan memenuhikriteriasangat valid. Hasil uji kepraktisan melaluiuji coba produkskalakecil dan uji cobaskalabesarmenunjukkanpersentase yang samasebesar 86% sehinggamemenuhikriteriasangatpraktis. Pengaruhmodulinteraktifsejarah ISLAM (MISI) terhadaphasilbelajarsiswa yang diukur dengan menggunakan gain scoremenunjukkanskorsebesar0,78. Sehinggaterbuktibahwamodulinteraktifsejarah ISLAM yang dikembangkan berpengaruhterhadaphasilbelajarsiswakelas X SMA Maarif NU Pandaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 08:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 08:02 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2544 |
Actions (login required)
View Item |