Peningkatan Hasil Belajar Seni Grafis Cetak Tinggi Melalui Metode Tutor Sebaya di kelas IX-J MTs Negeri Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan Hasil Belajar Seni Grafis Cetak Tinggi Melalui Metode Tutor Sebaya di kelas IX-J MTs Negeri Batu

Yusvia, Retta (2022) Peningkatan Hasil Belajar Seni Grafis Cetak Tinggi Melalui Metode Tutor Sebaya di kelas IX-J MTs Negeri Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran Seni Grafis cetak tinggi di kelas IX-J MTs Negeri Batu kurang melibatkan siswa, siswa kurang aktif dalam bertanya dan pembelajaran kurang melibatkan siswa dalam bentuk kelompok siswa menjadi kurang akrab satu sama lain. Peneliti berkolaborasi dengan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode tutor sebaya. Metode tutor sebaya merupakan metode pembelajaran kooperatif yang dalam penerapannya salah satu siswa menjadi tutor dan mengarahkan teman lain dalam kelompok untuk mencapai keberhasilan belajar bersama. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas milik Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklus memilki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kelas IX-J berjumlah 33 siswa dan sebelum penerapan metode tutor sebaya didapatkan nilai rata-rata siswa 56 dengan presentase ketuntasan 18%, dimana 6 anak mendapatkan nilai diatas 75. Pada siklus I setelah penerapan metode tutor sebaya nilai rata –rata siswa naik menjadi 64 presentase ketuntasan 30% dengan jumlah 10 anak yang mendapatkan nilai diatas 75. Dikarenakan pada siklus I memerlukan adanya perbaikan berupa proses penerapan metode tutor sebaya maka dilakukan siklus II. Pada siklus II penerapan metode tutor sebaya hasil belajar siswa mengalami peningkatan, nilai rata-rata siswa menjadi 79 dengan presentase ketuntasan sebesar 91% dimana 30 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Peningkatan pra siklus ke siklus I adalah 14% sementara peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 24%. Dari data tersebut dapat dikatakn bahwa penerapan metode tutor sebya pada pembelajaran Senu Grafis cetak tinggi dikelas IX-J MTs Negeri Batu berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:12
Last Modified: 10 Nov 2022 08:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item