Jannah, Syifa Safira Mifta'qul (2022) Implementasi metode pembelajaran role playing sebagai upaya peningkatan kecakapan sosial pada anak usia dini (studi kasus di paud insan cendekia bululawang) / Syifa Safira Mifta'qul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Metode pembelajaran menjadi salah satu indikator penting yang dapat menunjang keberhasilan dari sebuah pembelajaran. Metode pembelajaran ini ada beberapa macam serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pendidik harus dapat menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan kriteria peserta didiknya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi metode pembelajaran role playing pada PAUD oleh pendidik dalam memberikan kegiatan pembelajaran pada anak usia dini yang disesuaikan dengan tingkat usia dan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan di PAUD Insan Cendekia Bululawang dengan judul Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing sebagai Upaya Peningkatan Kecakapan Sosial Pada Anak Usia Dini di PAUD Insan Cendekia Bululawang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data (data reduction) penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (verification). Pengecekan keabsahan data penelitian ini dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan peningkatan ketekunan triangulasi dan pengecekan bahan referensi. Hasil penelitian ini berupa langkah kegiatan pembelajaran yang diberikan di PAUD Insan Cendekia menggunakan metode role playing dengan pemilihan tema mempersiapkan alat dan bahan naskah pengarahan pembagian tugas diskusi dan amanat cerita. Peningkatan kecakapan sosial anak usia dini di PAUD Insan Cendekia ini sudah baik karena telah memenuhi kriteria yaitu sabar dalam menunggu giliran dalam antrian dermawan kepada teman sebayanya menggunakan bahasa yang sopan dan santun ketika berbicara memberikan apresiasi serta bahu membahu ketika mengerjakan sesuatu. Pendidik senantiasa menambah pengetahuan kemampuan dan ketrampilan dalam implementasi metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan kecakapan anak usia dini. Kepala PAUD hendaknya turut mengaktifkan minat anak dalam menunjang peningkatan kecakapan sosial yang diadakan oleh PAUD Insan Cendekia. Kata Kunci bermain peran kecakapan sosial anak usia dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 00:56 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/199788 |
Actions (login required)
View Item |