Zuhra, Anifa (2021) Pengembangan e-modul interaktif berbasis kotobee pada mata pelajaran teknologi perkantoran untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada peserta didik kelas x otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari-Malang) / Anifa Zuhra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Bahan pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti ini berupa E-Modul interaktif berbasis Kotobee. Pengembangan ini sangat dibutuhkan karena kurangnya media dan bahan ajar untuk menunjang pemahaman peserta didik. Pengembangan E-Modul interaktif berbasis Kotobee ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan E-Modul interaktif berbasis Kotobee pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk kelas X OTKP 1 dan kelas X OTKP 2 di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari-Malang (2) Mengetahui kelayakan pengembangan E-Modul berbasis Kotobee pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran melalui validasi ahli materi ahli media dan pengguna media. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-Modul berbasis Kotobee dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-Modul berbasis Kotobee dalam kelas X OTKP di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari-Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R amp D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Borg amp Gall dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi menjadi sembilan langkah sesuai kebutuhan dan keadaan di lapangan yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) Pengumpulan data (3) Pengembangan format desain E-Modul awal (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba lapangan skala kecil (7) Revisi produk (8) Uji coba lapangan skala besar (9) Revisi produk akhir. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Modul berbasis Kotobee peneliti menggunakan angket ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Produk berupa E-Modul interaktif berbasis Kotobee pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran (2) E-Modul terdiri dari lima Kompetensi Dasar dengan fokus Kompetensi Dasar 3.7 Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor dan 4.7 Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor (3) Hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata 88% ahli media 97 3% dan uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil sebesar 90 66%. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis Kotobee termasuk dalam kategori sangat valid atau layak untuk digunakan sebagai sumber belajar (3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan diolah lebih lanjut dengan uji statistic non parametrik uji Mann-Whitney dari aspek kognitif memperoleh nilai Asymp.Sig 0 000 probabilitas lt 0 05 (P-Value lt 0 05) maka H0 diterima. Sedangkan uji Mann-Whitney dari aspek psikomotorik memperoleh nilai Asymp.Sig 0 096 probabilitas lt 0 05 (P-Value lt 0 05) maka H0 diterima. Artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam kedua aspek penilaian hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan E-Modul interaktif berbasis Kotobee pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran sangat efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah Singosari-Malang Saran Pemanfaatan E-Modul interaktif berbasis Kotobee yaitu (1) E-Modul dapat digunakan sebagai tambahan media ajar secara daring maupun luring dengan mempelajari buku panduan terlebih dahulu sebelum penggunaan produk (2) Peserta didik menggunakan E-Modul di dalam maupun di luar kelas mempelajari buku panduan dan mengerjakan latihan soal berbentuk game dalam E-Modul (3) Peneliti lain menjadikan penelitian dan pengembangan ini sebagai referensi membuat akses E-Modul dalam format yang lebih banyak serta memaksimalkan fitur yang tersedia seperti penilaian otomatis untuk pembelajaran yang lebih efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 06:57 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/198157 |
Actions (login required)
View Item |