Zuraidha, Siti Yusridha (2021) Pengembangan rubrik analitik untuk asesmen kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa SMP kelas viii pada materi persamaan garis lurus / Siti Yusridha Zuraidha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rubrik analitik yang valid praktis dan efektif sehingga dapat digunakan oleh guru untuk asesmen kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan garis lurus. Subjek dari penelitian ini adalah dua guru matematika kelas VIII di sekolah tersebut. Penyusunan rubrik tersebut didasarkan pada indikator kemampuan komunikasi matematika tertulis dalam langkah Polya (1957) dan teori Danielson (1997). Pada penelitian ini digunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga fase yakni (1) fase penelitian awal (2) fase prototype dan (3) fase penilaian. Setelah melewati seluruh fase tersebut didapat hasil bahwa produk yang dihasilkan dinyatakan valid praktis dan efektif dengan skor kevalidan rata-rata 3 73 untuk soal tes 3 46 untuk rubrik asesmen 3 66 untuk angket respon guru dan skor kepratisan rata-rata 3 6 untuk penggunaan rubrik asesmen. Selanjutnya untuk keefektifan didapat persentase yakni 100% siswa mendapat nilai diatas KKM. Kevalidan produk diketahui melalui hasil analisis data validasi sedangkan kepratisan produk diketahui melalui hasil analisis data angket respon guru. Keefektifan produk diketahui melalui persentase banyaknya siswa yang mendapat nilai diatas KKM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/197988 |
Actions (login required)
View Item |