Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Reny Oktaviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Reny Oktaviana

Oktaviana, Reny (2021) Analisis kemampuan siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS di SD se-gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Reny Oktaviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya capaian prestasi dan kemampuan siswa Indonesia pada TIMSS 2015 dalam kategori kelas empat yang menempatkan Indonesia pada peringkat 45 dari 57 negara menjadi latar belakang dari penelitian ini. Selain itu penelitian mengenai kemampuan siswa sekolah dasar dalam mengerjakan soal matematika bernuansa TIMSS masih jarang ditemukan. Hal tersebut didukung dengan pertama kalinya Indonesia ikut serta TIMSS kategori kelas empat sekolah dasar di tahun 2015 dan tidak ikut serta lagi pada tahun 2019 sehingga kurangnya gambaran mengenai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model TIMSS pada jenjang sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran capaian kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS berdasarkan domain konten dan domain kognitif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang sebanyak 83 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method research yang terdiri dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Jenis penelitian kuantitatif pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif karena digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data berupa kemampuan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal matematika model TIMSS dengan unsur-unsur yang telah ditentukan dalam butir rumusan masalah. Selain itu peneliti menggunakan penelitian kualitatif untuk menganalisis hasil dari wawancara dengan siswa kelas IV. Hasil dari wawancara tersebut dapat mendukung data berupa skor siswa yang diperoleh dari mengujikan soal matematika model TIMSS. Capaian rata-rata skor domain konten pada materi bilangan 518 (kriteria kemampuan sedang) materi pengukuran dan geometri 456 (kriteria kemampuan rendah) dan materi penyajian data 517 (kriteria kemampuan sedang). Rata-rata secara umum domain konten adalah dengan skor 497 (kriteria kemampuan sedang). Sedangkan capaian rata-rata skor domain kognitif pada domain pengetahuan 593 (kriteria kemampuan tinggi) domain penerapan 480 (kriteria kemampuan sedang) dan domain penalaran 411 (kriteria kemampuan rendah). Rata-rata secara umum domain kognitif adalah dengan skor 495 (kriteria kemampuan sedang). Capaian kemampuan siswa kelas IV SD se-Gugus III Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang paling banyak dicapai pada kriteria kemampuan rendah yang dicapai oleh 32 siswa kriteria kemampuan sedang dicapai oleh 30 siswa kriteria kemampuan tinggi dicapai oleh 11 siswa dan kriteria kemampuan sangat tinggi dicapai oleh 10 siswa. Secara umum rata-rata capaian siswa yaitu dengan skor 500 yang termasuk dalam kriteria kemampuan sedang atau intermediate. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk bahan melakukan evaluasi mengenai kegiatan pembelajaran. Selain itu sebagai referensi dalam mengembangkan soal-soal evaluasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan pengetahuan penerapan dan penalaran siswa. Sebagai bahan pertimbangan dalam merancang pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi bilangan pengukuran dan geometri dan penyajian data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 08:36
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/197163

Actions (login required)

View Item View Item