Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis discovery learning berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis discovery learning berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X

Oktaviyani, Elistika (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis discovery learning berbantuan podcast dan google classroom untuk meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran daring berbasis Discovery Learning yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA E2 SMA Negeri 5 Malang. Model penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Perangkat pembelajaran daring yang dikembangkan berupa silabus RPP LKS media pembelajaran dan lembar penilaian. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran daring menggunakan tiga tahap yaitu validasi ahli uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah 88 siswa SMA Negeri 5 Malang semester genap tahun ajaran 2020/2021. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria valid namun dengan revisi sesuai komentar dan saran validator hal ini berdasarkan skor hasil validasi ahli perangkat pembelajaran sebesar 97 9127 skor hasil validasi ahli materi sebesar 98 4127 dan skor hasil validasi praktisi lapangan sebesar 81 3016. (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran hal ini berdasarkan skor kepraktisan pada uji coba kelompok kecil sebesar 84 2963 dan uji coba conduct a pilot test sebesar 87 8518. (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan kurang efektif dalam menunjang kegiatan pembelajaran hal ini berdasarkan skor N-Gain tes hasil belajar kognitif sebesar 0 2615 dengan tingkat keefektifan rendah dan keterampilan ilmiah siswa sebesar 0 0693 dengan tingkat keefektifan yang rendah dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah valid praktis dan kurang efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dalam jaringan (daring).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/194264

Actions (login required)

View Item View Item