Santoso, Ivan Risqi (2021) Peran strategi pembelajaran oleh guru dan pendampingan orang tua pada pengembangan perilaku tanggung jawab peserta didik kelas V di SDN Polehan 4 Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh guru dan pendampingan orang tua dalam proses pengembangan perilaku tanggung jawab peserta didik kelas V (2) Mendeskripsikan perilaku yang tampak dalam pembelajaran daring pada peserta didik kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi wawancara dan dokumentasi. Data dan sumber data dalam penelitian ini yakni narasi secara tertulis berupa informasi dari guru orang tua dan peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan analisis data dari model Miles dan Hubberman yang dilakukan melalui tiga langkah yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru pada pengembangan perilaku tanggung jawab peserta didik antara lain (1) guru senantiasa meningkatkan hubungan komunikasi dengan orang tua melalui media sosial (2) guru secara konsisten memberikan latihan atau tugas rumah kepada peserta didik (3) Memberikan feedback reward dan punishment kepada peserta didik. Pendampingan orang tua pada pengembangan perilaku tanggung jawab peserta didik dalam proses belajar daring menunjukkan bahwa (1) orang tua atau wali peserta didik menyediakan dan mempersiapkan fasilitas belajar yang memadai bagi anak (2) orang tua atau wali peserta didik mendampingi anak belajar selama kegiatan pembelajaran daring. Sedangkan perilaku tanggung jawab peserta didik yang tampak dalam pembelajaran daring antara lain (1) peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik serta aktif merespon dalam kegiatan pembelajaran daring (2) peserta didik menyelesaikan dan mengumpulkan latihan atau tugas rumah yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu. Bagi peneliti lanjut hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan membidik serta menambahkan sasaran analisis dari aspek perilaku peserta didik yang lain seperti mandiri kreatif dan lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:56 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/192905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |