Hakim, Abdul (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perolehan Pengalaman Belajar dari Sekolah dan Industri Pada Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Singosari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PengalamanBelajarmerupakansuatupengalaman yang didapatkansiswadandapatdijadikandalammenjalanikehidupansehari-hari.Pengalamanbelajarbisadidapatkandarimanasaja, diantaranyamelaluipraktikkerjaindustri yang diselenggarakanolehSekolahMenengahKejuruan (SMK).Progampraktikkerjaindustrimerupakanprogamwajib yang harusdiikutiolehseluruhsiswa di SMKN.Denganmelakukanpraktikkerjaindustrisiswadiharapkanmendapatkanbanyakpengalamanbelajarsehingganantinyadapatbersaing di duniakerja.Akan tetapipelaksanaanpraktikkerjaindustriinitidaksemuanyaberjalansesuaidengan yang diinginkan, dantidaksedikitsekolah yang kurangmemperhatikanpelaksanaanpraktikkerjaindustri.Praktikkerjaindustritidakakanlepasdaribeberapafaktor yang menunjangkeberhasilanpraktikkerjaindustri. Makadariitudenganadanyapenelitianinidiharapkandapatmenjadisumberreferensibagisekolahmaupunindustridalammenjalanpraktikkerjaindustrisehinggasiswaakanbanyakmemperolehpengalamanbelajar. Dalampenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifdenganmenggunakanmetodekualitatifdankuantitatif.Data kualitatifdiperolehdariwawancara yang dilakukankepada 22 siswapadatanggal 4-8 April 2019 dari data tersebutkemudiandisimpulkanmengenaipengalamanbelajar yang didapatolehsiswadanfaktor yang mempengaruhinya.Data kuantitatifdiperolehdariangketpendapatsiswa yang disebarkankepada 61 siswajurusan TITL SMKN 1 Singosaripadatanggal 4-8 April 2019.Dari data tersebutkemudiandiperoleh data numeric yang kemudiandirubahmenjadipersentase.Dari kedua data tersebutkemudianditarikkesimpulanmengenaipengalamanbelajar yang diperolehsiswaselamapraktikkerjaindustridanfaktor yang mempengaruhinya. Dari data tersbutdapatdisimpulkanbahwapengalamanbelajar yang didapatsiswabermacam-macam, jikadibandingkanmakalebihbanyakpengalamanbelajar yang dipeorlehsetelahpelaksanaanpraktikkerjaindustri.sedangkanfaktor yang mempengaruhiperolehanpengalamanbelajarpadapelaksanaanpraktikkerjaindustriadalah(a)materi yang disampaikandalampembelajarandisekolahsesuaidandapatmendukungdalampelaksanaanprakerin, (b)pekerjaan yang dilakukanselamaprakerinsesuaidenganjurusankelistrikkan, (c)banyaknyapekerjaan yang dikerjakanolehsiswa di industri, (d)pemberianmateri di sekolahmengenaicarakerjapenggunaanalat, (e)pembekalanataupengarahanawaldarisekolahsebelumpelaksanaanprakerin, (f)masaataujangkawaktupelaksanaanprakerindiperpanjang (lebihdari 4 bulan), (g)lingkungankerja yang mendukungsiswadalampelaksanaanprakerin, (h)pendampingandaripihakindustriselamapelaksanaanprakerin, (i)kelengkapanalatkerjaselama di industri, (j)pelatihandarisekolahmengenaipenggunaanalatdanpekerjaan yang akandilakukanselamaprakerin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengalaman belajar, praktik kerja industri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 03:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:31 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1540 |
Actions (login required)
View Item |