Pengembangan materi bola basket tahap fundamental pada Klub Hutama Manggala Basketball yang dikemas dalam e-modul - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan materi bola basket tahap fundamental pada Klub Hutama Manggala Basketball yang dikemas dalam e-modul

Fatoni, Nasrullah Rifki (2021) Pengembangan materi bola basket tahap fundamental pada Klub Hutama Manggala Basketball yang dikemas dalam e-modul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada Pentingnya melatih aspek-aspek tertentu sesuai dengan tahapannya akan membantu atlet dapat berkembang sesuai dengan tahapan usianya. Dalam hal ini masih banyak klub maupun pelatih yang belum cukup memperhatikan terkait hal-hal yang mendasar khususnya pada tahap fundamental padahal tahap ini merupakan suatu pondasi awal terbentuknya atlet yang berkualitas. Berdasarkan permasalahan yang ada di kelompok Fundamental di klub Hutama Manggala Basketball dengan melakukan wawancara terhadap pelatih klub Hutama Manggala Basketball bahwa pelatih kurang memperhatikan terkait program latihan yang dibuat dan berdasarkan angket yang disebarkan pada 10 pelatih yang ada di klub Hutama Manggala diperoleh hasil yaitu a) Sebanyak 100% bahwa belum ada modul olahraga yang menunjang praktik dan teori dalam club Hutama Manggala Basketball b) Sebanyak 85% menjawab bahwa modul sangat cocok digunakan untuk bahan diskusi antara pelatih dan wali murid c) Sebanyak 92.5 % menjawab bahwa pelatih butuh adanya modul olahraga bola basket untuk dapat menambah pengetahuan terkait perlakuan terhadap anak usia dini dan d) Sebanyak 55 % menjawab bahwa pelatih jarang dan tidak pernah membaca modul sebelumnya. Tujuan dari penelitian itu yaitu untuk dapat membuat suatu media pembelajaran yang di dalamnya berisi materi terkait aspek-aspek yang perlu diperhatikan oleh pelatih dalam latihan yang tepat pada tahap Fundamental. Nantinya materi yang ada dalam media ini dapat dijadikan referensi pelatih dalam membuat suatu program latihan yang tepat sesuai dengan tahap fundamental dapat dijadikan sarana diskusi antara pelatih dan wali murid dalam memberikan perlakuan yang tepat sesuai dengan usianya dan juga dapat merangsang literasi pelatih dan wali murid.Metode penelitian ini menggunakan prosedural pengembangan dari Sugiyono dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain dan produk 4) validasi produk yang meliputi 2 ahli kepelatihan bola basket dan 1 ahli media 5) revisi produk 6) uji coba produk awal 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produk akhir. Berdasarkan hasil Penilaian kelayakan aplikasi yang diberikan pada uji kelompok kecil didapatkan skor rata-rata persentase kelayakan sebesar 88 03%. Nilai tersebut termasuk cukup valid artinya aplikasi layak digunakan dengan revisi. Sedangkan penilaian yang diberikan pada uji kelompok besar didapatkan skor rata-rata persentase kelayakan sebesar 92 05%. Nilai tersebut termasuk sangat valid artinya aplikasi sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 08:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145549

Actions (login required)

View Item View Item