Pemilihan materi pembelajaran PJOK oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA sederajat kelas X sekecamatan Turen / Bayin Nur Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemilihan materi pembelajaran PJOK oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA sederajat kelas X sekecamatan Turen / Bayin Nur Cahyo

Cahyo, Bayin Nur (2020) Pemilihan materi pembelajaran PJOK oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA sederajat kelas X sekecamatan Turen / Bayin Nur Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Materi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dilakukan pada jenjang sekolah dasar hingga menengah atas khususnya pada kelas X guru memilih materi pembelajaran dengan tujuan mengembangkan fisik dan keterampilan melalui aspek psikomotor untuk mencapai tujuan kurikulum pendidikan jasmani. Hal ini diketahui bahwa sistem pembelajaran setiap sekolah berbeda menjadikan materi yang diajarkan berbeda satu sama lain karena faktor yang terjadi dalam memilih materi pembelajaran contohnya kurangnya inovasi dari guru sarana prasarana dan materi tidak diajarkan di kelas X sehingga menjadikan pembelejaran sedikit menemui kendala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemilihan materi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di kelas X oleh guru pjok sekecamatan turen. Selain itu disisi lain penelitian ini juga bertujuan mengetahui kendala atau hambatan yang terjadi dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian 6 guru pjok kelas X tingkat sma sederajat sekecamatan turen. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrumen angket kemudian didalami menggunakan instrumen wawancara. Hasil penelitian dari butir-butir angket dirubah menjadi bentuk persentase. Hasil analisis data melalui pengisian angket yang dilakukan oleh guru pjok kelas X tingkat sma sederajat sekecamatan turen bahwa persentase kompetensi dasar permainan bola besar sejumlah 60% persentase permainan bola kecil sejumlah 31% persentase atletik sejumlah 46% persentase beladiri sejumlah 12.5% persentase kebugaran jasmani sejumlah 42% persentase senam ketangkasan mendapatkan hasil persentase sejumlah 39% persentase senam ritmik sejumlah 17% persentase aktivitas air sejumlah 19% persentase pola hidup sehat mendapatkan hasil persentase sejumlah 58% persentase bahaya narkoba dan napza sejumlah 68%. Berdasarkan hasil analisa data di atas disimpulkan bahwa guru pjok kelas x sekecamatan turen secara keseluruhan telah memilih materi yang akan diajarkan sesuai dengan kurikulum dan silabus yang terdapat di setiap sekolah namun dalam pemilihan materi pembelajaran guru menyesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada dan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 06:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145425

Actions (login required)

View Item View Item