Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigation (gi) dengan media web blog dan model konvensional dengan power point / Muhammad Zulkifli - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigation (gi) dengan media web blog dan model konvensional dengan power point / Muhammad Zulkifli

Zulkifli, Muhammad Zulkifli (2021) Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group invetigation (gi) dengan media web blog dan model konvensional dengan power point / Muhammad Zulkifli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu rangkaian proses menemukan menjadi dan mengembangkan diri sendiri dalam keseluruhan dimensi kepribadian manusia. Pesatnya perkembangan zaman menjadi pengaruh kualitas pendidikan dalam segala aspek khususnya teknologi. Hal ini menuntut adanya tenaga-tenaga terdidik terlatih terampil dan memiliki keahlian dengan kemampuan yang dapat diharapkan mampu mengajar dan mengiringi perkembangan ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan media Web Blog dengan model pembelajaran konvensional menggunakan media Power point. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar kompetensi memahami dasar-dasar sensor pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Mataram. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan bentuk eksperimen semu dengan model Post-test only control design. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Uji-T untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan Web Blog dengan model konvensional menggunakan Power Point. Hasil penelitian ini menunjukan output SPSS bahwa nilai Sig. 0 000 lt 0 05. Hal dapat diinterpretasikan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji statistic deskriptif dalam penelitian ini menunjukan model pembelajaran group investigation menggunakan web blog masuk ke dalam kategori ldquo sangat baik rdquo dengan perolehan nilai rata-rata 84 36 dari 36 siswa. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model konvensional dengan power point dikategorikan ldquo Baik rdquo dengan nilai rata-rata 77 16 dan masih terdapat siswa yang nilainya tidak mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 02:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143598

Actions (login required)

View Item View Item