Chairunnisa', Siti Rahmah (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan sparkol videoscribe pada mata pelajaran perencanaan bisnis (studi pada kelas X program keahlian bisnis daring dan pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Siti Rahmah Chairunnisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi perhatian dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan pendidikan dipandang sebagai suatu proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan. Guru sebagai salah satu tenaga kependidikan memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan mutu pendidikan karena pada dasarnya guru merupakan komponen pendidikan yang berhubungan dengan siswa secara langsung. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan adalah menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Pembelajaran yang dilaksanakan tanpa variasi media yang digunakan membuat peserta didik cepat bosan dan cenderung menghambat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Kompetensi Dasar Menerapkan Model Pengelolaan Kegiatan/Event. (2) Menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe berdasarkan validasi ahli media dan ahli materi. (3) Mengetahui tanggapan dari pengguna mengenai penggunaan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe melalui uji coba produk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan prosedur penelitian (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk II (8) Produk Akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil validasi oleh Validator ahli media I dan II terhadap media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran Perencanaan Bisnis dinyatakan sangat valid dengan persentase 89 16%. (2) sedangkan hasil validasi oleh validator ahli materi I dan II memperoleh persentase sebesar 94 16% dan dinyatakan sangat valid. (3) serta angket respon peserta didik mendapat perolehan sebesar 83 29% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil dari validasi gabungan yang memperoleh persentase sebesar 91 66% dinyatakan sangat layak dan efektif serta menarik untuk digunakan di SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata pelajaran perencanaan bisnis dapat disimpulkan bahwa hasil respon peserta didik atau pengguna menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe dinyatangan sangat menarik sangat memotivasi dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik guru maupun peserta didik. Serta media pembelajaran ini mengasilkan produk media pembelajaran berupa video yang dikemas dalam bentuk CD dan buku petunjuk penggunaan media pembelajaran. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan dan memperbaiki lagi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada media pembelajaran berbasis video dengan menggunakan Sparkol Videoscribe yang dikembangkan oleh peneliti saat ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:26 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |