Oktandi, Anugrah (2021) Pengaruh pembelajaran task hierarchy analysis model untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 11 SMAN 8 Malang topik hidrolisis garam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan pembelajaran Task Hierarchy Analysis Model dalam pembelajaran kooperatif dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Task Hierarchy Analysis Model dalam pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa topik hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dan post-test only control group design dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini dilihat dari hasil post-test yang diperoleh siswa setelah diberikan perlakuan. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPA 2 dan 3 dari SMAN 8 Malang tahun ajaran 2020/2021. Sampel memiliki tingkat kemampuan yang sama dilihat dari hasil uji kemampuan awal siswa berdasarkan nilai hasil belajar siswa sebelumnya. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data kemampuan awal siswa tidak terdistribusi secara normal dengan nilai signifikansi sebesar 0 029. Oleh karena itu pengaruh penerapan THAM pada penelitian ini diuji menggunakan uji non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Dari hasil uji beda sampel eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan pelaksanaan pembelajaran soal tes dan lembar kerja siswa yang telah divalidasi oleh 1 guru kimia. uji instrumen soal dilakukan uji validitas butir reliabilitas uji beda dan tingkat kesukaran. Dari 25 soal yang diuji terseleksi 15 soal layak pakai dengan nilai reliabilitas sebesar 0 774 dan dari 15 soal tersebut 2 diantaranya bersifat sukar 6 bersifat sedang dan 7 bersifat mudah. Penelitian ini melibatkan kelas 11 IPA 2 diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif sedangkan pada kelas 11 IPA 3 diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif yang dilengkapi dengan Task Hierarchy Analysis Model. Berdasarkan data skor tes diuji normalitas ternyata sampel tidak terdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0 028. Dengan demikian perbedaan hasil belajar siswa diuji menggunakan uji non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Pada uji Mann-Whitney ternyata tidak terdapat perbedaaan hasil belajar siswa dari kelas kontrol dan eksperimen dengan nilai signifikansi sebesar 0 087. Selanjutnya data dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas atas dan kelas bawah yang kemudian dilakukan uji normalitas dan uji beda. Berdasarkan hasil uji normalitas pada kedua kelas data tidak terdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0 012 dan 0 029. Kemudian kedua kelas dilakukan uji non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Pada uji Mann-Whitney tidak terdapat perbedaaan hasil belajar siswa kelas atas dengan nilai signifikansi sebesar 0 487 sedangkan pada kelas bawah menunjukkan perbedaan dengan hasil signifikansi sebesar 0 024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran THAM dalam pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa kelas bawah materi hidrolisis garam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:14 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143450 |
Actions (login required)
View Item |