Pengembangan e-ukbm dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) pada materi hukum newton untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sma/ma / Amalia Nur Atiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-ukbm dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) pada materi hukum newton untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sma/ma / Amalia Nur Atiqoh

Atiqoh, Amalia Nur Atiqoh (2021) Pengembangan e-ukbm dengan model pembelajaran project based learning (pjbl) pada materi hukum newton untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sma/ma / Amalia Nur Atiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hukum Newton merupakan salah satu materi pada mata pelajaran fisika yang menjadi dasar dari segala konsep pada pokok bahasan selanjutnya. Upaya mengatasi kesulitaan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan pengetahuannya di kehidupan sehari-hari pada materi Hukum Newton dapat dilakukan dengan menggunakan sumber belajar mandiri yang digunakan di sekolah yang menerapkan sistem SKS yaitu Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis E-Learning (E-UKBM) dengan model pembelajaran PjBL sehingga kemampuan literasi sains siswa juga dapat meningkat sesuai dengan tuntutan pembelajaran di abad ke-21 ini. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE.Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 1 MAN 1 Kota Malang yang berjumlah 34 peserta didik. Produk diberikan kepada siswa untuk mengetahui keterbacaan dari produk yang telah dibuat serta memperoleh data hasil penelitian. Terdapat dua jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil wawancara masukan kritik tanggapan dan hasil respon guru dan siswa terhadap proses penelitian dan pengembangan yang berlangsung. Analisis datanya berupa analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan data kuantitatif terdiri dari data hasil validasi E-UKBM keterlaksanaan pembelajaran dan hasil pretest postest. Analisis validasi E-UKBM dan keterlaksanaan pembelajaran berupa presentase dari ketercapaian tiap aspek yang dinilai. Analsis hasil pretest postest menggunakan uji beda dan uji peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini berupa instrument validasi keterlaksanaan pembelajaran serta respon guru dan siswa. Kemudian pedoman wawancara dan soal pretest/postest. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa E-UKBM yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan E-UKBM memperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dapat dikatakan praktis. Selain itu berdasarkan hasil peningkatan gain-score siswa E-UKBM dapat dikatakan efektif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2021 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143381

Actions (login required)

View Item View Item