Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu kabupaten kediri / Mita Sarah Cherbony - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu kabupaten kediri / Mita Sarah Cherbony

Cherbony, Mita Sarah (2020) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu kabupaten kediri / Mita Sarah Cherbony. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti pada kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri ditemukan beberapa permasalahan pembelajaran yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di kelas dari 13 siswa yang ada di kelas III terdapat 3 siswa yang aktif menjawab serta mengajukan pertanyaan perihal materi yang kurang dipahami 8 siswa lain terlihat pasif dalam menerima informasi materi. 6 siswa yang duduknya di belakang berbicara dengan teman sebangku dan depannya 1 siswa yang posisi duduknya berada dekat dengan tembok sering meletakkan kepalanya ditembok bahkan terdapat 3 siswa yang sering ijin ke kamar mandi dengan durasi 5-10menit. Berdasarkan permasalahan temuan peneliti pada saat melakukan observasi maka peneliti berupaya melakukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Talking Stick pada Kompetensi Dasar Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan . (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Talking Stick pada Kompetensi Dasar Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan di kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model Talking Stick pada Kompetensi Dasar Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan di kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan selama dua siklus dan terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata aktivitas siswa siklus I mencapai 76 03 dan meningkat pada siklus II menjadi 97 91. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran IPS menggunakan model Talking Stick dari siklus I ke siklus II sebesar 21 88. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setelah pembelajaran IPS menggunakan model Talking Stick. Peningkatan ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I yang mencapai 74 61 dan meningkat pada siklus II yang mencapai 93 84. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II sebesar 19 23. Berdasarkan paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Bendo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:11
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140699

Actions (login required)

View Item View Item