Peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru di daerah khusus (studi kasus SD Negeri 4 Krebet Kabupaten Ponorogo) / Sukma Puri Bektiyastri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru di daerah khusus (studi kasus SD Negeri 4 Krebet Kabupaten Ponorogo) / Sukma Puri Bektiyastri

Bektiyastri, Sukma Puri (2020) Peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru di daerah khusus (studi kasus SD Negeri 4 Krebet Kabupaten Ponorogo) / Sukma Puri Bektiyastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bektiyastri Sukma Puri. 2020. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Pendidikan dalam Mengoptimalkan Kinerja Mengajar Guru di Daerah Khusus. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mustiningsih M.Pd. (2) Dr. H. Sultoni M.Pd. Kata Kunci manajer pendidikan kinerja mengajar guru daerah khusus Seorang kepala sekolah selain berperan sebagai pemimpin juga berperan sebagai manajer. Menempati posisi sebagai manajer kepala sekolah memegang kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam upaya mewujudkan sekolah yang berkualitas maka kepala sekolah juga harus memperhatikan kualitas kinerja guru. Guru sebagai pendidik berada pada garis terdepan dalam mengembangkan peserta didik karena melalui guru terjadi transfer ilmu pengetahuan sekaligus proses mendidik dengan nilai-nilai positif melalui bimbingan dan keteladanannya. Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Krebet Kabupaten Ponorogo merupakan sekolah yang berada di daerah khusus. Daerah khusus yang dimaksud berlokasi di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Jumlah penduduk yang berkebutuhan khusus di Desa Sidoharjo adalah 276 orang dari 5953 jumlah warga desa tersebut. Daerah ini disebut sebagai Kampung Idoiot karena dulu banyak warga usia 35-45 tahun yang idiot. Namun sekarang julukan tersebut sudah berangsur-angsur terhapus karena sudah sedikit warga yang berkebutuhan khusus yaitu sekitar 10%. Sebagai sekolah yang berada dalam daerah khusus dan merupakan salah satu sekolah inklusi guru perlu menguasai beberapa keterampilan tambahan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta didik reguler maupun oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Maka peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan sangat diperlukan untuk ketercapaian tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer pendidikan dalam mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo. Diantaranya mendeskripsikan mengenai peran kepala sekolah dalam mengatur sarana dan prasarana sekolah untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo peran kepala sekolah dalam mengatur kelas untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo peran kepala sekolah dalam menciptakan hubungan kerja yang baik untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo dan peran kepala sekolah dalam memberikan penguatan untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4Krebet dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara observasi dan dokumentasi. Setelah itu merangkum data-data yang telah dikumpulkan dilanjutkan dengan pemaparan data ke bentuk narasi dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan. Peneliti dalam proses pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi teknik pengecekan anggota serta kecukupan bahan referensi. Sedangkan untuk tahap penelitian yaitu diawali dengan tahap pra lapangan atau persiapan tahap pendahuluan tahap penyusunan proposal tahap pelaksanaan dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan (1) peran kepala sekolah dalam mengatur sarana dan prasarana sekolah untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo yaitu membuat perencanaan yang kemudian menyusun skala prioritas berdasarkan juknis BOS mengomunikasikan dengan guru dan komite sekolah terkait permasalahan sarana dan prasarana yang ada mempu menganalisis peluang dalam memecahkan masalah memperhatikan setting ruang kantor untuk guru dan membuat layout ruang guru melibatkan guru dalam pengembangan perpustakaan penataan dan pengelompokan buku-buku perpustakaan menugaskan salah satu guru untuk bertanggung jawab di perpustakaan. dan menggerakkan atau melibatkan guru penjaga sekolah dan peserta didik untuk merawat halaman dan lingkungan sekolah (2) peran kepala sekolah dalam mengatur kelas untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo yaitu melakukan monitoring kepada guru memberikan arahan kepada guru melakukan supervisi dan menyampaikan hasil supervisi dalam rapat dan mengikut sertakan guru pada kegiatan pelatihan workshop atau bimbingan. Peran kepala sekolah dalam menciptakan hubungan kerja yang baik untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo yaitu membiasakan komunikasi yang kontinyu atau terus menerus antar guru membiasakan guru untuk saling bertukar pikiran atau sharing memberikan arahan secara langsung kepada guru mengkonfirmasikan kepada guru apabila akan diadakan supervisi mengadakan rapat antara guru dengan kepala sekolah memaksimalkan kegiatan anjangsana membangun komunikasi aktif dengan guru baik secara langsung maupun secara tidak langsung melibatkan orangtua peserta didik komite dan masyarakat dalam kegiatan sekolah melakukan musyawarah dengan komite apabila ada kebijakan baru mengadakan rapat dengan orangtua dan komite ketika persiapan PPDB atau pra ujian membuat grub Whatsapp antara orangtua dengan wali kelas membuat program home visit membuat program gerakan Ayo Sekolah bekerja sama dengan perangkat desa untuk menyukseskan program gerakan Ayo Sekolah dan menyediakan layanan konsultasi kepada orangtua terkait permasalahan peserta didik. Peran kepala sekolah dalam memberikan penguatan untuk mengoptimalkan kinerja mengajar guru SD Negeri daerah khusus di Kabupaten Ponorogo yaitu memberikan penghargaan kepada guru dengan cara senantiasa mendukung guru untuk mengembangkan kinerja karir maupun potensi yang dimiliki oleh guru mengikut sertakan guru di berbagai macam kegiatan pengembangan kinerja secara bergilir mengukur kinerja mengajar guru dengan menerapkan sistem penilaian kepada guru menerapkan sistem teguran dan hukuman dan membuat tata tertib sekolah. Adapun saran yang peneliti sampaikan kepada kepala dinas pendidikan Kabupaten Ponorogo yaitu diharapkan memberikan sosialisasi tentang program wajib belajar 12 tahun sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Kepada kepala SD Negeri 4 Krebet Kabupaten Ponorogo yaitu disarankan mengagendakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan ABK di sekolah khususnya untuk orangtua/wali ABK. Sehingga dapat membantu orangtua/wali ABK untuk mengenali karakter anak dan cara penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak. Kepada guru SD Negeri 4 Krebet Kabupaten Ponorogo yaitu disarankan lebih inovatif menggunakan media dan alat pembelajaran elektronik sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Misalnya menggunakan LCD untuk menayangkan video pembelajaran atau menggunakan sound untuk audio pembelajaran. Kepada peneliti lain yaitu disarankan dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi penelitian yang serupa dan disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai hal-hal khusus yang dimiliki sekolah yang membedakannya dengan sekolah inklusi yang lain. Terakhir yaitu kepada mahasiswa Administrasi Pendidikan disarankan dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi penelitian di bidang Administrasi Pendidikan serta disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai program atau ekstrakurikuler yang dimiliki sekolah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki ABK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140573

Actions (login required)

View Item View Item