Mengintegrasikan pertanyaan provokatif 3 T (Tersurat-Tersirat-Tersorot) dalam pembelajaran, menguatkan literasi membaca guru dan siswa - Repositori Universitas Negeri Malang

Mengintegrasikan pertanyaan provokatif 3 T (Tersurat-Tersirat-Tersorot) dalam pembelajaran, menguatkan literasi membaca guru dan siswa

Priyatni, Endah Tri (2021) Mengintegrasikan pertanyaan provokatif 3 T (Tersurat-Tersirat-Tersorot) dalam pembelajaran, menguatkan literasi membaca guru dan siswa. Technical Report. Universitas Negeri Malang (UM).

[img] Text
Fullteks 2.pdf

Download (22MB)

Abstract

Salah satu strategi yang sebenarnya sangat ampuh untuk mengaktifkan siswa berpikir dan belajar adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mulai dari pertanyaan yang jawabannya tersurat dalam teks (T1-tersurat), pertanyaan yang untuk menjawabnya siswa harus menginterpretasi dan memadukan antarbagian teks untuk menghasilkan inferensi (T2-Tersirat), dan pertanyaan yang menuntut siswa mengevaluasi dan merefleksi, menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks (T3-tersorot). Ketiga level pertanyaan tersebut (T1-T3) bersifat hierarkhis karena seseorang tentu tidak akan dapat menyusun pertanyaan evaluatif dengan baik (T3) ketika dia tidak paham hal-hal yang tersurat dan tersirat dalam teks.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Pidato Guru Besar
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:10
Last Modified: 23 Dec 2021 03:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item