Priyatni, Endah Tri (2021) Mengintegrasikan pertanyaan provokatif 3 T (Tersurat-Tersirat-Tersorot) dalam pembelajaran, menguatkan literasi membaca guru dan siswa. Technical Report. Universitas Negeri Malang (UM).
![]() |
Text
Fullteks 2.pdf Download (22MB) |
Abstract
Salah satu strategi yang sebenarnya sangat ampuh untuk mengaktifkan siswa berpikir dan belajar adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mulai dari pertanyaan yang jawabannya tersurat dalam teks (T1-tersurat), pertanyaan yang untuk menjawabnya siswa harus menginterpretasi dan memadukan antarbagian teks untuk menghasilkan inferensi (T2-Tersirat), dan pertanyaan yang menuntut siswa mengevaluasi dan merefleksi, menilai kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks serta mampu mengaitkan isi teks dengan hal lain di luar teks (T3-tersorot). Ketiga level pertanyaan tersebut (T1-T3) bersifat hierarkhis karena seseorang tentu tidak akan dapat menyusun pertanyaan evaluatif dengan baik (T3) ketika dia tidak paham hal-hal yang tersurat dan tersirat dalam teks.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Pidato Guru Besar |
Depositing User: | Library UM |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 02:10 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 03:46 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |