Keefektifan model "Dialog 4D" dalam bimbingan karier untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa sekolah menengah kejuruan / Arifah Fitria Hidayati

Hidayati, Arifah Fitria (2019) Keefektifan model "Dialog 4D" dalam bimbingan karier untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa sekolah menengah kejuruan / Arifah Fitria Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati,A.F. 2019. Keefektifan Model “Dialog 4D” dalam BimbinganKarieruntukMeningkatkanKemampuanAdaptabilitasKarierSiswaSekolahMenengahKejuruan. Skripsi.JurusanBimbingandanKonseling, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.IM.Hambali, M.Pd., (II) Dr.Muslihati,S.Ag,M.Pd. Kata Kunci: model dialog 4D, bimbingankarier, adaptabilitaskarier BadanPusatSatatistik (BPS) memaparkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dilihatdaritingkatpendidikanpadaFebruari 2018, TPT untukSekolahMenengahKejuruan (SMK) tertinggidiantaratingkatpendidikan lain yaitusebesar 8,92%. Akibatadanyaperubahandanpercepatandalamduniakerja, makadiperlukansuatubentukkesiapandiri agar dapatberadaptasidengantuntutantugas-tugasprofesidansosial di bidangkarirdenganmengoptimalkankemampuan yang dimiliki sehingga pengangguran dapat diminimalisir.Kesiapanseseorangdalammemilihkarirnyainilah yang dikenaldengankonsepadaptabilitaskarir.Adaptabilitaskariermempresentasikankemampuankritikaldankesiapanindividuuntukmempersiapkankariermasadepan. Adaptabilitaskarirsiswatidaklahbersifatkonstan, namundinamissehinggadapatdikembangkandanditingkatkan.Intervensi bimbingan karier perlu diterapkan untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa. Layanan bimbingan karier yang ada di sekolah berkesan monoton dan belum sesuai dengan karateristik siswa milenial, sehingga perlu kiranya suau trobosan model layanan yang inovatif, intensif, dan dapat termonitoring. Model dialog “4D” hadir sebagai suatu bentuk inovasi dalam bimbingan karier yang dapat diterapkan untuk meningkatkankemampuan adaptabilitas karier siswa. Model dialog “4D” merupakanrangkaiansiklusproses bertanyadanmenjawabantarakonselordansiswadengantujuantertentumelaluiempatsiklus dialog yang terdiridari: (1) dialog eksplorasi (explorationdialogue), (2) dialog klarifikasi (clarification dialogue), (3) dialog induksi (induction dialogue),dan (4) dialog konstruksi (contruction dialogue). Penelitianinibertujuangunamengetahuikeefektifanbimbingankarirdengan model dialog “4D” untukmeningkatkanadaptabilitaskarirsiswaSekolahMenengahKejuruan (SMK).Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianeksperimensemuataupre-experiment design.Desainpenelitianyaknithe one group pretest-posttest designdenganjenismetodepenarikansampelyaitupurposive sampling.Jumlahsampelpenelitiansebanyak 8 orang siswa SMK kelas X, yang memilikitingkatadaptabillitasrendahdan/atausedang.Delapan orang siswatersebutmejadikelompoktunggalyaitukelompoktreatment.Jenisinstrumenpenelitianadalahskala (scale) yang berupaskalaadaptabilitaskarier (Career Adaptability Scale).Analisis data penelitiandenganmenggunakansalahsatuprosedur yang paling umumdalam non-parametrikyakni The Wilcoxon Signed-rank Test. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed)adalah 0,012. Probabilitas 0,012 <0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Nilai rata-rata (mean) adaptabilitas karier sebelum diberikan bimbingan karier dengan model “dialog 4D” = 138,00, sedangkan nilai rata-rata (mean) adaptabilitas karier sesudah diberikan bimbingan karier dengan model “dialog 4D” = 149,25. Hal inimenjelaskanbahwasiswakelompok treatmenttelahmendapatpeningkatantingkatadaptabilitaskarier yang cukupbaik. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model “dialog 4D” dalam bimbingan karier efektif untuk meningkatkan adaptabilitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Guru bimbingan dan konseling atau konselor di Sekolah Menengah Kejuruan diharapkan dapat menerapkan model “dialog 4D” dalam pemberian layanan bimbingan karier sehingga dapat membantu meningkatkan adaptabilitas karier siswa. Peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian serupa mengenai model “dialog 4D” dan adaptabilitas karier pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan dapat menggunakan metode maupun desain penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116763

Actions (login required)

View Item View Item