Keefektifan model "Dialog 4D" dalam bimbingan karier untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa sekolah menengah kejuruan / Arifah Fitria Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan model "Dialog 4D" dalam bimbingan karier untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa sekolah menengah kejuruan / Arifah Fitria Hidayati

Hidayati, Arifah Fitria (2019) Keefektifan model "Dialog 4D" dalam bimbingan karier untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karier siswa sekolah menengah kejuruan / Arifah Fitria Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayati A.F. 2019. Keefektifan Model Dialog 4D dalam BimbinganKarieruntukMeningkatkanKemampuanAdaptabilitasKarierSiswaSekolahMenengahKejuruan. Skripsi.JurusanBimbingandanKonseling FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr.IM.Hambali M.Pd. (II) Dr.Muslihati S.Ag M.Pd. Kata Kunci model dialog 4D bimbingankarier adaptabilitaskarier BadanPusatSatatistik (BPS) memaparkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dilihatdaritingkatpendidikanpadaFebruari 2018 TPT untukSekolahMenengahKejuruan (SMK) tertinggidiantaratingkatpendidikan lain yaitusebesar 8 92%. Akibatadanyaperubahandanpercepatandalamduniakerja makadiperlukansuatubentukkesiapandiri agar dapatberadaptasidengantuntutantugas-tugasprofesidansosial di bidangkarirdenganmengoptimalkankemampuan yang dimiliki sehingga pengangguran dapat diminimalisir.Kesiapanseseorangdalammemilihkarirnyainilah yang dikenaldengankonsepadaptabilitaskarir.Adaptabilitaskariermempresentasikankemampuankritikaldankesiapanindividuuntukmempersiapkankariermasadepan. Adaptabilitaskarirsiswatidaklahbersifatkonstan namundinamissehinggadapatdikembangkandanditingkatkan.Intervensi bimbingan karier perlu diterapkan untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa. Layanan bimbingan karier yang ada di sekolah berkesan monoton dan belum sesuai dengan karateristik siswa milenial sehingga perlu kiranya suau trobosan model layanan yang inovatif intensif dan dapat termonitoring. Model dialog 4D hadir sebagai suatu bentuk inovasi dalam bimbingan karier yang dapat diterapkan untuk meningkatkankemampuan adaptabilitas karier siswa. Model dialog 4D merupakanrangkaiansiklusproses bertanyadanmenjawabantarakonselordansiswadengantujuantertentumelaluiempatsiklus dialog yang terdiridari (1) dialog eksplorasi (explorationdialogue) (2) dialog klarifikasi (clarification dialogue) (3) dialog induksi (induction dialogue) dan (4) dialog konstruksi (contruction dialogue). Penelitianinibertujuangunamengetahuikeefektifanbimbingankarirdengan model dialog 4D untukmeningkatkanadaptabilitaskarirsiswaSekolahMenengahKejuruan (SMK).Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitianeksperimensemuataupre-experiment design.Desainpenelitianyaknithe one group pretest-posttest designdenganjenismetodepenarikansampelyaitupurposive sampling.Jumlahsampelpenelitiansebanyak 8 orang siswa SMK kelas X yang memilikitingkatadaptabillitasrendahdan/atausedang.Delapan orang siswatersebutmejadikelompoktunggalyaitukelompoktreatment.Jenisinstrumenpenelitianadalahskala (scale) yang berupaskalaadaptabilitaskarier (Career Adaptability Scale).Analisis data penelitiandenganmenggunakansalahsatuprosedur yang paling umumdalam non-parametrikyakni The Wilcoxon Signed-rank Test. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed)adalah 0 012. Probabilitas 0 012

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/116763

Actions (login required)

View Item View Item