PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA DIPONEGORO TUMPANG MALANG - Repositori Universitas Negeri Malang

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA DIPONEGORO TUMPANG MALANG

Izati, Tu'amiyatul (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA DIPONEGORO TUMPANG MALANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salahsatumodelpembelajarankooperatifyangdapatmendukungsiswauntukmelakukanpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)adalahmodelpembelajarangroupinvestigationdanproblembasedlearning.KeduaModelinimemilikikarakteristikyanghampirsama.Perbedaanyaterletakpadamodelgroupinvestigationpenentuantopikatautemapermasalahannyayangakandipelajariditentukanolehsiswasedangkanpadamodelproblembasedlearningsiswaharusmemberikansolusidaripermasalahanyangdiberikanolehguru.Hasilpenelitianterdahulumenunjukkanbahwamodelkemampuanberpikirtingkattinggimenggunakanmodelpembelajarangroupinvesigationdanmodelproblembasedlearningterdapatperbedaan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbandinganmodelpembelajarangroupinvestigationdanproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswa.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianQuasiEksperimendenganposstestonlycontrolgroupdesigndenganduakelompoksubjekpenelitianyangmemilikikemampuansama(homogen).LokasipenelitianinidilaksanakandiSMADiponegoroTumpangKabupatenMalang.Sampelpenelitianterdiridari2kelasyaitukelasXIPS1yangmendapatperlakuanmodelpembelajarangroupinvestigastiondankelasXIPS2mendapatmodelproblembasedlearning.Penilaiankemampuanberpikirtingkattinggisiswamenggunakanposttestyangtelahdivalidasidanujireliabilitas.AnalisispenelitianinimenggunakanIndependentsampelT-TestBerdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwaterdapatperbedaankemapuanberpikirtingkattinggisiswadenganmenggunakanmodelpembelajarangroupinvestigationdanmodelproblembasedlearning.Haltersebutterbuktidarihasilrata-ratanilaikemampuanberpikirtingkattinggiyangmenunjukkankelasdenganmodelpembelajarangroupinvestigationlebihtinggiyaitu7621dibandingkandengankelasmodelproblembasedlearningsebesar7104.PadaperhitunganhipotesisyangdilakukankelasmodelPembelajarangroupinvestigationmemperolehSig.(2-tailed)00230025dankelasproblembasedlearningmendapatSig.(2-tailed)00240025berdasarkanhaltersebutH0ditolak.Sehinggadapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirtingkattinggiyangdibelajarkandenganmodelpembelajarangroupinvestigastiondanmodelproblembasedlearning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:29
Last Modified: 24 Feb 2021 08:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item