Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri.

Syaviar, Fitra Arief (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Earth Science System In The Community (EarthComm) Berbantuan Citra Google Earth pada Mata Pelajaran Geografi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa di MAN 3 Kabupaten Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikanmerupakansalahsatufaktorpentingyangmempengaruhiproseskemajuanindividudanbangsa.Berkaitandenganpentingnyapendidikandibutuhkanmodelpembelajarandanmetodemengajaryangmembuatsiswamampuberkembangdanterlibatlangsungdalamkegiatankelas.Geografimerupakanilmuuntukmengembangkandanmembangunkemampuanberorientasispasial.Kemampuanberpikirspasialkaitannyadenganfenomenageosferyaknikemampuanmengolahdanmenguasaiinformasiyangdidapatdalamruang.ModelEarthCommmerupakanmodelyangberorientasipadapemecahanmasalahdibumiyangdikajidalammasyarakat.Makadikaitkandengankemampuanberpikirspasialmodelinidiharapkanmampuuntukmencapaitujuanyangdiharapkan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuanCitraGoogleEarthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswa.ModeleksperimenyangdigunakanyakniQuasiExperimentdenganmenerapkanPosttestOnlyControlGroupDesigndenganmelibatkanduakelompokdengansubjekpenelitianXIIS2sebagaikelaseksperimendanXIIS1sebagaikelaskontrolyangdiambilberdasarkannilaiUAS.Teskemampuanberpikirspasialdilaksanakansetelahpemberianperlakuankepadakeduakelas.Tesdiberikandalambentuksoalessayyangtelahdirancangsesuaiindikatorkemampuanberpikirspasial.TeknikanalisisdatadilakukanmenggunakanIBMSPSSStatistics22ForWindowsdenganujit(IndependentSampleT-Test).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Diketahuibahwanilairata-ratakelaskontrol6660dankelaseksperimenyakni7439sehinggaterdapatperbedaan8%keduanya.Berdasarkanhasilanalisisdataujit(IndependentSampleT-Test)terdapatpengaruhModelPembelajaranEarthScienceSystemInTheCommunity(EarthComm)berbantuancitragoogleearthpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikirspasialsiswadibandingkandengankelaskontrolyangmenggunakanmodelkonvensional.ModelpembelajaranEarthComminidisarankanuntukdijadikanvariasipembelajarangurudalampenerapanmodelpembelajaran.Modelinijugadapatdikembangkanolehpenelitilaindenganmenambahvariabelmoderatorataumedialain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:29
Last Modified: 24 Feb 2021 08:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item